Layanan Donor Plasma Konvalesen Segera Hadir di PMI Kabupaten Pasuruan

Pasuruan - Kebutuhan plasma konvalesen di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, segera tercukupi dalam waktu dekat. Pasalnya, Pemkab Pasuruan telah membeli satu unit mesin apheresis plasma konvalesen.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengatakan, pengadaan mesin apheresis ini sudah selesai dilakukan. Dimana untuk membeli 1 mesin tersebut, Pemkab Pasuruan menggelontorkan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar. Kini, alat tersebut dihibahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasuruan untuk segera bisa difungsikan.

"Mesin apheresis atau alat khusus untuk donor plasma konvalesen ini memang dibutuhkan. Dan sekarang posisi alatnya ada di PMI Kabupaten Pasuruan," kata Anang saat ditemui baru-baru ini.

Dijelaskannya, selama ini, penyintas yang ingin donor plasma harus ke luar daerah. Begitu juga dengan warga Kabupaten Pasuruan yang ingin mendapatkan donor plasma, harus mendapatkan dari luar daerah. Hal itu disebabkan karena belum adanya alat donor plasma di Kabupaten Pasuruan.