Posal Labuan Bajo Naik Status Jadi Lanal Tipe C

Labuan Bajo - Pos Angkatan Laut (Posal) Labuan Bajo naik status menjadi Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo tipe C dan diresmikan operasionalnya oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Upacara peresmian Operasional Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Labuan Bajo dilaksanakan di halaman Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo dengan penerapan protokol kesehatan, Kamis (22/3).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama TNI IG. Kompiang Aribawa, CHRMP dan penekanan sirene bersama Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, Kapolres Manggarai Barat AKBP Bambang Hariwibowo.

Sebelum peresmian operasional Lanal Labuan Bajo terlebih dahulu dilaksanakan upacara pelantikan Komandan Lanal Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto oleh Komandan Lantamal VII Kupang, Lasma TNI IG Kompiang Aribawa.

Laksamana TNI Yudo Margono, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Lantamal VII Kupang Lasma TNI IG Kompiang Aribawa mengatakan bahwa peresmian Lanal Labuan Bajo ini merupakan implementasi rencana strategis TNI AL dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan Angkatan Laut yang profesional modern dan tangguh.

Dikatakannya bahwa peningkatan status Posal menjadi Lanal Labuan Bajo ini dimaksudkan untuk merespon dinamika politik, sosial ekonomi dan kerawanan keamanan di wilayah perairan Labuan Bajo Pulau Komodo dan sekitarnya yang merupakan salah satu destinasi wisata super premium dan prioritas.

"Meski berkedudukan di Labuan Bajo namun wilayah tugas Lanal Labuan Bajo sangat luas meliputi tiga kabupaten yaitu Manggarai Barat, Manggarai, dan Manggarai Timur," katanya.

Kasal Yudo Margono berharap Lanal Labuan Bajo siap mengamankan even internasional yang bakal digelar di Labuan Bajo yaitu pertemuan G20 dan Asian Summit.