Bupati-Wabup Tanah Datar Hadiri Pelantikan Pengurus HMI Batusangkar

Batusangkar - Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Wakil Bupati Richi Aprian menghadiri pelantikan pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korp HMI Wanita (Kohati) Cabang Batusangkar periode 2021-2022 oleh Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama, di Auditorium Kampus 1 IAIN Batusangkar, Sabtu (24/7).

Bupati Eka Putra, dalam sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan ini dan selamat bekerja menjalankan amanah yang telah diberikan.

"Selamat dan sukses, sebuah kehormatan pengurus HMI Cabang Batusangkar dilantik langsung Ketua Umum PB HMI. Kami yakin ketua dan seluruh pengurus HMI Cabang Batusangkar mampu dan siap menjalankannya amanah ini dengan baik," kata Eka Putra.

Terpilih sebagai Ketua Umum Ikhsan Azhari, Sekretaris Umum Ulmayori Gusrianda sementara Elvia Zika sebagai Ketua Kohati dan Sekretaris Umum Kohati Desti Sumbawati.

Lebih lanjut bupati mengharapkan dengan pelantikan ini nantinya akan bermunculan kader-kader intelektual untuk Tanah Datar dari organisasi ini.

"HMI tidak asing bagi saya, saya tahu banyak para tokoh nasional muncul dari organisasi ini, untuk itu saya mengharapkan HMI Cabang Batusangkar mampu menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat, khususnya bagi pemuda, dan mahasiswa yang ada di kampus IAIN ini. Berikanlah contoh kegiatan, dan peran yang baik di dalam membangun generasi muda Tanah Datar yang kita cintai ini," tambahnya.

Disampaikannya, pada saat ini perjuangan tidak lagi menggunakan fisik seperti masa dahulu, akan tetapi perjuangan hari ini untuk menjaga generasi muda penerus bangsa dari pengaruh-pengaruh negatif, paham-paham yang menyesatkan yang dapat merusak generasi muda Indonesia khususnya di Tanah Datar.

"Akhir-akhir ini sering kita dengar banyak para pemuda yang terjerat dan kecanduan narkoba, untuk itu saya minta kepada pengurus HMI yang baru, mari bersama-sama dengan pemerintah kita selamatkan generasi muda kita dari bahaya laten narkoba," ajak bupati.

Bupati juga mengharapkan bisa berkolaborasi dengan HMI dalam mewujudkan Tanah Datar sebagai kabupaten tahfidz dengan program satu rumah satu hafidz atau hafidzah.

Di akhir sambutannya, Eka Putra juga tak lupa mengajak para pengurus HMI cabang Batusangkar untuk ikut bersama-sama dengan pemerintah dalam mengedukasi masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan.

Sementara mewakili Korps Alumni HMI Tanah Datar, Wabup Richi Aprian berpesan agar kader HMI tetap menjaga idealismenya.

"Adik-adik sekalian, kalau ada kebijakan pemerintah atau siapapun yang bertentangan dengan semangat HMI dan yang bertentangan dengan nilai-nilai etis kemasyarakatan serta bertentangan dengan semangat dan ideologi kalian, satu kata dari saya sebagai alumni HMI, lawan," tegas Richi yang pernah aktif di HMI Cabang Bandung.

"Di manapun adik-adik berada tolong jaga dan pertahanan idealisme kalian, karena idealisme itu mahal harganya. Jangan manfaatkan organisasi ini untuk dijual murah, jangan sampai tergadai idealisme dan masa muda kalian hanya karena politik-politik trasaksional belaka," pesan Richi.

Sementara otu, Ketua Umum PB HMI Raihan Ariatama, menyampaikan saat ini HMI sebagai organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia kurang dalam berinovasi dan hanya menjalankan roda organisasi hanya sebatas rutinitas saja. Program dan kegiatan yang dilakukan sifatnya hanya mengulang program kegiatan yang dilakukan oleh pengurus sebelumnya.

"Ke depan diharapkan pengurus HMI Cabang Batusangkar yang baru bisa melaksanakan program kegiatan yang baru yang betul-betul menjadi sebuah inovasi dan bermanfaat bagi masyarakat banyak. Ini menjadi tantangan besar, karena secara lebih luas lagi tantangan bangsa kita ke depan semakin banyak dan kompleks," ujarnya.

"Ada beberapa tantangan kita hari ini yang sulit kita selesaikan dalam waktu yang cepat dan dengan cara-cara kita yang lama, permasalahan baru harus kita selesaikan pula dengan cara-cara yang baru. Hari ini persoalan pertama yang kita hadapi adalah masalah kesehatan, covid 19 sebagaimana kita ketahui sudah hampir 2 tahun pandemi ini melanda, dan untuk itu kita harus membangun kesadaran masyarakat," sambung alumni UGM Jogyakarta yang berasal dari Bukittinggi ini.

Sementara itu, Ketua Umum HMI Cabang Batusangkar periode 2021-2022 Ikhsan Azhari menyampaikan dalam masa kepengurusannya kedepan menginginkan bagaimana HMI Cabang Batusangkar ke depan bisa menjadi patron dalam bidang keagamaan di tengah-tengah masyarakat

"Kami ingin seluruh kader bisa membawa kemajuan kembali, kami juga akan berkomitmen untuk dipertahankan amanah dan akan berkolaborasi dengan semua pihak serta akan bermitra dengan Pemda Tanah Datar salah satunya dalam mewujudkan destinasi wisata berbasis islami di Tanah Datar," ujar Ikhsan.