IDI-Polres Tasikmalaya Kota Gelar Vaksinasi Anak Usia 12-17 Tahun

Tasikmalaya - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Tasikmalaya melaksanakan Gebyar Vaksinasi COVID-19 bagi anak dan remaja usia 12-17 tahun, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2021, di Graha Asia Plaza, Selasa (27/7).

Dalam kegiatan ini IDI Cabang Kota Tasikmalaya bekerja sama dengan Polres Tasikmalaya Kota, serta dibantu oleh Dinas Kesehatan.

Ketua IDI Cabang Kota Tasikmalaya Polar Silumi mengatakan, Gebyar Vaksinasi Anak ini mengambil momen HAN 2021 serta menjadi salah satu upaya membantu pemerintah mempercepat vaksinasi COVID-19.

"Untuk vaksin sendiri kami mendapat bantuan dari Polres Tasikmalaya Kota, dan mengenai jumlahnya untuk anak hanya Dinas Kesehatan yang mengetahui. Menurut data, ada sekitar lebih dari 100.000 anak usia 12-17 tahun di Kota Tasikmalaya, sehingga kebutuhan itulah yang harus kita penuhi. Mudah-mudahan ada bantuan stok vaksin sehingga bisa terpenuhi seluruhnya," ujarnya.

"Melihat antusiasme cukup besar, masyarakat Kota Tasikmalaya sudah sadar diri untuk divaksin agar tercegah dari COVID-19," sambungnya.

Polar mengatakan, untuk dosis pertama disediakan 1.000 dosis vaksin dengan tenaga medis yang bertugas secara bergiliran yaitu 10 orang dokter anak, 10 dokter umum, dokter dari Polres Tasikmalaya Kota, perawat, bidan dan tenaga medis.

Sementara itu, Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan menyampaikan untuk vaksinasi ini ditargetkan 1.000 anak untuk divaksin.

"Dari pengamatan kami masyarakat khususnya orang tua antusias mengantar anaknya untuk divaksin karena ini kegiatan pertama di Kota Tasik dan seperti yang diketahui penyebaran COVID-19 sudah mewabah pada anak-anak meskipun tidak banyak. Namun kami melakukan antisipasi untuk memvaksin anak-anak sehingga herd immunity atau kekebalan tubuh bisa tercapai dan meminimalisir penyebaran COVID-19," ujar kapolres.

"Kepada masyarakat dan adik-adik usia 12-17 tahun jangan takut divaksin, karena vaksinasi merupakan upaya pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19. Meskipun vaksinasi tidak menjamin tidak tertular, tapi bisa menjadi kekebalan atau imun tubuh sehingga ketika terpapar tidak akan mendapat gejala berat. Tidak usah ragu dan khawatir vaksin ini aman dan halal, serta bermanfaat untuk mencegah COVID-19," pungkasnya.