Bupati Ciamis Ikuti Arahan Gubernur Jabar Terkait Percepatan Perluasan Digitalisasi

Ciamis - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengikuti Rapat Koordinasi Wilayah Tim Percepatan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2D), Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Jawa Barat yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (27/7).

Mengusung tema "Akselerasi Ekonomi Keuangan Digital untuk Mendukung Stabilitas Harga dan Terwujudnya Visi Jabar Provinsi Digital melalui Penguatan Sinergi dan Kolaborasi", Rapat Korwil TP2DDl TPID se-Jabar 2021 diikuti oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama Wabup Yana D. Putra dan sejumlah kepala SKPD dari Aula Setda Ciamis.

Dalam sambutannya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pemda memiliki tugas berat yakni kedaruratan, vaksinasi dan ekonomi.

“Dulu orang yang melihat digital adalah pilihan tapi saat ini adalah paksaan sehingga tugas kita sebagai pemerintah harus mendorong masyarakat untuk mampu menguasai salah satunya di bentuk desa digital,” ujarnya.

TP2DD merupakan bentuk konkret dalam upaya percepatan akselerasi digital di kabupaten/kota. Menurutnya, komunikasi merupakan hal yang penting dalam upaya akselerasi digital. Hadirnya forum ini diharapkan kekompakan dan semua berjalan dengan baik.

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar Herawanto mengatakan, pandemi memberikan tekanan berat bagi perekonomian Jabar sehingga perlu adanya pemulihan ekonomi melalui langkah-langkah strategis dalam upaya pemulihan kondisi ekonomi.

"Perluasan digitalisasi mendorong kemajuan yang sangat relevan untuk jangka pendek dan jangka panjang dalam mewujudkan Visi Provinsi Jabar yakni terwujudnya Visi Jabar Provinsi digital," ungkap Herawanto.

Herwanto menuturkan bahwa di beberapa daerah di kabupaten/kota di Jabar, akselerasi digital semakin meningkat signifikan sehingga posisi di triwulan ke-3 tahun 2021 menempati posisi tiga besar yang pada triwulan pertama hanya menempati posisi ke-9 dalam upaya percepatan dan perluasan implementasi akselerasi digital.

Ia mengungkapkan pentingnya pengendalian inflasi dengan pemanfaatan digital yang mana saat ini telah dikembangkan berbagai teknologi seperti misalnya fishery dan petani milenial.

"Digitalisasi memberikan berbagai kemudahan termasuk didalamnya layanan perbankan,” ungkap Herawanto.

Sementara itu, Direktur UtamaBJB Yuddy Renaldi mengatakan, dalam rangka mempercepat transaksi perekonomian daerah maka Presiden membentuk Satgas TP2DD.

“Berharap dengan dibentuknya TP2DD tersebut dapat meningkatkan tata kelola daerah,” harapnya.

"Kami berkomitmen terus mendukung pemerintah daerah terutama dalam pengelolaan keuangan daerah dengan mengedepankan ekosistem digital yang bermuara pada perekonomian yang lebih baik,” ungkapnya.