Bupati Banjar Sampaikan Pentingnya Raperda Peternakan dan Kesehatan Hewan

Martapura – Rapat Paripurna DPRD Banjar kembali digelar dengan agenda penyampaian bupati Banjar tentang Raperda Peternakan dan Kesehatan Hewan, di Aula DPRD Banjar, Rabu (28/7).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Banjar M. Rofiqi, sementara Bupati Saidi Mansyur hadir secara virtual di Command Center “Manis” Martapura.

Saidi Mansyur mengatakan, usaha peternakan memiliki peranan penting dalam melindungi kesehatan hewan dan masyarakat. Bertambahnya jumlah penduduk menjadikan bertambahnya pemukiman kawasan peternakan hewan.

”Kawasan budidaya peternakan adalah kawasan yang diperuntukan untuk kegiatan peternakan yang bermigrasi dari hulu hingga hilir, kemudian Raperda tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan ini, bertujuan memberikan dasar hukum atas peternakan serta kesehatan hewan sehingga terwujud kesehatan hewan beserta ekosistemnya, sebagai prasyarat peternakan yang tangguh dan berdaya guna,” ucap Saidi Mansyur.

Saidi menambahkan Raperda Peternakan dan Kesehatan hewan ini mengutamakan aspek keamanan terhadap ancaman penyakit serta upaya menghindari risiko yang dapat mengganggu kesehatan baik pada manusia, hewan, tumbuhan maupun lingkungan.

"Kabupaten Banjar memiliki potensi yang menjanjikan di bidang peternakan yang dapat meningkatkan pendapatan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar Saidi.

Pembahasan tentang Raperda Peternakan dan Kesehatan Hewan ini akan dilanjutkan pada Rapat Paripurna selanjutnya.

Rapat Paripurna juga dihadiri Wakil Ketua II Ahmad Rizani Ansyari, Wakil Ketua III DPRD Banjar Ahmad  Zaki Hapiji, 35 anggota DPRD Banjar, unsur Forkopimda Banjar dan SKPD Banjar yang hadir baik secara langsung di DPRD Banjar, maupun secara virtual.