Hari Jadi ke-1142 Kota Kediri, BPBD dan BNPB Bagikan Ribuan Masker

Kediri - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri membagikan ribuan masker bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-1142 Kota Kediri.

Plt BPBD Kota Kediri Hindun Munawaroh mengatakan, selain pembagian masker, kedatangan BNPB untuk melakukan monitoring pelaksanaan PPKM Level 4.

"Tadi kami berkesempatan mengajak tim dari BNPB ke Kelurahan Mojoroto untuk melakukan monitoring sekaligus penyaluran masker," tandasnya.

Disebutkan Indun, ada total 4.000 masker yang diserahkan kepada BPBD Kota Kediri. Sementara untuk penyaluran berdasarkam total kasus yang ada dalam kelurahan tersebut.

"Kelurahan Mojoroto ini kan kasusnya lumayan tinggi, oleh karena itu kenapa penyaluran dilakukan di sini," imbuh Indun.

Menurutnya, hal ini merupakan salah satu upaya dari BNPB pusat dan Pemerintah Kota Kediri dalam menekan angka kasus COVID-19.

"Sesuai arahan pak presiden dan Walikota Kediri, yang melindungi kita ini adalah masker, jadi tetap gunakan masker dan jangan melepas," pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johny Sumbung menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari evaluasi PPKM Level 4 yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat. Pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada warga agar selalu menggunakan masker.

"Salah satu faktor penyebaran COVID-19 adalah kurangnya kesadaran warga untuk memakai masker atau penggunaan masker yang salah. Untuk itu kami dari BNPB melakukan penyaluran bantuan masker sebanyak 4.000 dan memberikan sosialisasi kepada warga untuk selalu menggunakan masker," ungkap Johny Sumbung.

Lebih lanjut, Johny mengharapkan agar kedepannya kesadaran masyarakat tentang pentingnya memakai masker itu dapat meningkat khususnya di Kota Kediri. Tak lupa ia juga meminta kepada masyarakat agar bersabar dengan keadaan saat ini.

"Semoga kedepan dengan sosialisasi kesadaran warga akan pentingnya memaki masker dapat meningkat. Saya juga meminta agar masyarakat dapat bersabar dengan keadaan saat ini. Saya yakin kalau kita menaati aturan yang berlaku dari pemerintah, kita bisa menekan penyebaran COVID-19 sehingga kita dapat kembali hidup normal seperti dulu," ucap Johny.