Rohul Raih Penghargaan KLA 2021 Tingkat Madya

Rohul – Rokan Hulu meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 tingkat Madya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Pengumuman penghargaan KLA 2021 oleh Kementerian PPPA RI baik Pratama, Madya, Nindya dan Utama berlangsung secara virtual, Kamis (29/7).

Di Rokan Hulu, Riau, pengumuman ini disaksikan langsung oleh Bupati Sukiman, Wakil Bupati Indra Gunawan, Sekretaris Daerah Abdul Haris, Ketua TP PKK Rohul Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW RohulSri Yulita Indra Gunawan, Ketua DWP Rohul Neti Herawati, Kadis Kominfo Rohul Yusmar, Kadisdikpora Rohul Ibnu Ulya, Plt Kadishub Rohul Minarli, Kadis Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rohul Sri Mulyati dan Forum Anak Rohul.

Bupati Sukiman, dalam keterangannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh instansi atas prestasi Rohul yang meraih predikat Kabupaten Layak Anak tingkat Madya tahun 2021. Penghargaan ini diberikan karena Pemkab Rohul komitmen mendukung pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak.

"Dengan harapan dapat mendorong keluarga-keluarga, masyarakat, dan media di wilayahnya semakin memahami upaya pemenuhan hak anak. Predikat Kabupaten Layak Anak ini diraih Rohul setelah mengumpulkan poin sekitar 800 saat penilaian dan verifikasi lapangan hybrid," jelas Sukiman.

“Kita bersyukur kepada Allah SWT, bahwa dalam suasana pandemi ini kita masih bisa berupaya untuk berprestasi dan berkarya, membangun dengan basis pemenuhan hak anak. Kita berupaya, dan Alhamdulillah tadi mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Madya dari Kementerian PPPA,” lanjutnya.

Lanjut Sukiman, kedepannya diperlukan koordinasi dan kerjasama yang lebih intens untuk pembangunan dan pemenuhan hak anak, baik itu dari OPD terkait, wirausaha, awak media dan masyarakat bersama-sama meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak anak, karena anak ini merupakan generasi penerus bangsa.

“Karena anak ini pemimpin masa yang akan datang, oleh karena itu berikan pendidikan mulai dari PAUD, melalui Dinas Pendidikan kita berniat bertekad mewujudkan SDM Rohul, dengan mewujudkan anak yang sehat dan cerdas dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha kuasa,” harapnya.

Untuk naik level KLA tingkat Nindya, mantan Dandim Inhil ini berharap kepada instasi terkait lebih meningkatkan perlindungan dan pemenuhan hak anak dan menyiapkan sarana dan prasana pendukung untuk ramah anak, Oleh karena itu diharapkan kepada semua pihak bersama-sama berkomitmen untuk memberikan hak hak anak sepenuhnya. Sehingga anak-anak kedepan bisa menjadi anak berkualitas.

"Kita harus punya target untuk meraih tingkat berikutnya, langkah berikutnya target kita untuk meraih tingkat Nindya. Maka itu kita mohon dukungan kepada seluruh stakeholder ikut mendukung dan berupaya mewujudkan bagaimana anak-anak Rohul bisa memperoleh haknya, seperti hak pendidikan, kesehatan dengan layak, dan hak-hak untuk bermain. Untuk itu diperlukan bersinergi dengan berbagai instansi,” harapnya.