Aceh Tengah Raih Predikat Kabupaten Layak Anak Pratama

Takengon -  Aceh Tengah meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 tingkat Pratama. Penetapan Aceh Tengah sebagai KLA 2021 diumumkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI secara virtual, Kamis (29/7).

“Penghargaan KLA ini merupakan bentuk apresiasi dari pemerintah pusat atas komitmen yang dilakukan Pemerintah daerah dalam hal pemenuhan hak anak dan perlindungan anak,” ungkap Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dalam sambutannya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan sangat bersyukur atas penghargaan Kabupaten Layak Anak yang diterima untuk pertama kalinya ini.

Menurut Shabela yang dalam acara virtual tersebut didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Aceh Tengah, unsur Forkopimda dan OPD terkait, dengan predikat dan penghargaan ini pemerintah daerah semakin berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan bahwa hak anak, mendengarkan suara anak dan partisipasi dalam pembangunan juga harus ditingkatkan.

“Semoga penghargaan yang kita raih ini menjadi motivasi kita dalam mewujudkan pelayanan pemerintahan yang ramah anak serta pembangunan yang berorientasi pada hak-hak anak,” ungkap Shabela, Kamis (29/7).

Terkait dengan pencapaian ini, Bupati Shabela juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan hingga terlaksananya program-program Pemkab Aceh Tengah yang sesuai dengan indikator tercapainya Kabupaten Layak Anak.

“Capaian ini merupakan marwah bagi seluruh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah, untuk itu saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh warga masyarakat serta instansi dan satuan kerja perangkat daerah terkait atas dukungannya hingga memperoleh KLA kategori Pratama tahun ini,” lanjutnya.

Bupati Shabela berharap, tahun berikutnya predikat ini bisa ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

“Tahun ini Alhamdulillah kita sudaih meraih kategori Pratama, harapan kita, komitmen untuk mewujudkan Aceh Tengah sebagai Kabupaten Layak Anak secara paripurna secara bertahap dapat terus kita tingkatkan,” harapnya.

Selain Aceh Tengah, penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021 tingkat Pratama juga diraih enam Kabupaten/Kota lainnya di Aceh, dan satu Kota lainnya berhasil memperoleh KLA dengan kategori tingkat Madya.

Penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak meliputi 24 indikator dari 5 klaster, yakni klaster hak kebebasan sipil, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar & kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta perlindungan khusus anak.