Pemkot Surakarta Terima 13.400 Masker dari BNPB

Solo – Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) memberikan bantuan 13.400 buah masker kepada BPBD Surakarta untuk mendukung upaya penanganan COVID-19

Bantuan diserahkan oleh Kadubdit Perencanaan dan Pemenuhan Kebutuhan Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Pambudi dan diterima oleh Plt Kepala BPBD Kota Surakarta, Indradi di Kantor BPBD Surakarta, Kamis (29/7).

Bantuan ini nantinya akan diberikan kepada masyarakat Surakarta melalui tim-tim relawan yang ada di Kota Surakarta.

“Nantinya masker akan dibagikan kepada tim-tim relawan yang tersebar di 54 kelurahan di Kota Surakarta,” ujar Indradi.

Masker kemudian didistribusikan kepada 5 tim relawan yaitu Pramuka Peduli, Rajawali Merah Putih, Banser Siaga Bencana (Bagana), Remilbasta dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Ketika melakukan pembagian masker, relawan harus mengungggah bukti berupa dokumentasi penyerahan masker kepada masyarakat yang menjadi sasaran penerima melalui aplikasi inaRISK atau melalui deskrelawanpb.bnpb.go.id/covid-19.

“Relawan yang membagikan masker diwajibkan untuk mendokumentasikan pembagian masker yang diunggah melalui aplikasi yang disediakan BNPB,” tambah Indradi.

BNPB Pusat menindaklanjuti arahan Presiden RI, Joko Widodo, dalam hal ini diarahkan untuk menggalakkan Gerakan Pakai Masker sebagai upaya membantu penerapan protokol kesehatan.

“Kami sadar pemerintah tidak bisa sendirian dalam menanggulangi COVID-19, termasuk salah satunya adalah unsur relawan dan lembaga masyarakat untuk membantu membagikan masker,” ujar Pambudi

Dengan bantuan dari para relawan ini, diharapkan masyarakat Surakarta dapat menggunakan masker sebagai upaya penanganan pandemi dan menerapkan protokol kesehatan 5M.