PMR Setiap Sekolah di Natuna Diharapkan Jadi Kader Donor Darah

Natuna - Darah merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Keputusan untuk menyumbangkan darah melalui donor darah dapat menyelamatkan satu kehidupan, atau bahkan beberapa nyawa sekaligus. Demi memupuk rasa kepedulian terhadap sesama dan membentuk kader pendonor darah, Palang Merah Remaja (PMR) SMAN2 Bunguran Timur bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Natuna mengadakan sosialisasi donor darah, Sabtu (31/7).

Acara yang diselenggarakan secara virtual mengingat pandemi covid-19 tersebut mengusung tema “Donorkan Darahmu, Agar Kehidupan Dunia Terjaga” yang diikuti sebanyak 42 peserta.

Kepala SMAN 2 Bunguran Timur Ida Susanti, saat membuka acara tersebut mengatakan bahwa darah merupakan kebutuhan yang mendesak saat ini karena tidak bisa digantikan dengan cairan apapun.

“Darah juga merupakan kebutuhan yang sangat mendesak, darah tidak dapat di tunda dan bahkan tidak dapat digantikan dengan zat cair apapun,” ujar Ida.

Sementara itu, Pembina PMR SMAN2 Bunguran Timur, Rossa mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada siswa SMAN 2 Bunguran Timur tentang pentingnya donor darah mengetahui prosedur dan syarat untuk mendonorkan darah.

“Tujuan dari kegiatan ini agar para peserta khususnya siswa siswi di Smanda dapat mengetahui prosedur donor darah, baik untuk usia, syarat mendonor dan kebermanfaatan dari donor darah itu” ujar Rosa kepada PewartaKominfo.

Selain itu, Rosa juga berharap terbentuknya kader kader donor darah di Natuna khususnya siswa SMAN2 Bunguran Timur .

“Semoga siswa siswi Smanda dapat menjadi kader kader donor darah di Natuna kedepannya mengingat kebutuhan darah di daerah kita yang cukup tinggi, selain itu juga kita berharap anak anak nantinya dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama," tuturnya.

Dalam kegiatan PMR SMAN 2 Bunguran Timur menghadirkan pemateri nofit wirdiansyah yang merupakan Kepala Ruangan Laboratorium Di RSUD Natuna, Materi yang disampaikan yakni, pentingnya donor darah, syarat-syarat donor darah, dananfaat Donor Darah.

Anggota PMI Kabupaten Natuna, Afrizal juga menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Natuna yaitu Membentuk kader kader donor darah di Natuna.

“Kegiatan seperti ini merupakan upaya dari kita untuk menciptakan kader-kader donor darah di setiap sekolah di Natuna, dengan harapan agar kebutuhan darah di Natuna terpenuhi," pungkas Afrizal mengakhiri.