Pemkab Garut Beri Penghormatan Terakhir Almarhum Toto Rachmat

Garut – Bupati Garut Rudy Gunawan menghadiri acara penghormatan terakhir almarhum Toto Rachmat yang merupakan Pembantu Bupati Wilayah III Leles di Masjid Besar Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Senin (2/8/2021).

Bupati Rudy mengungkapkan almarhum wafat pada Minggu (1/8) pukul 19.30 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet Garut dan tidak dalam keadaan terkonfirmasi positif COVID-19. Atas nama Pemkab, Bupati Garut menyampaikan duka cita yang mendalam atas kepergian salah satu purnabakti Pemerintah Kabupaten Garut. Ia juga memberikan penghargaan atas jasa-jasa almarhum saat menjabat di Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Garut.

“Tentu saya atas nama pribadi, keluarga dan Bupati Garut memberikan penghormatan kepada jasa-jasa almarhum. Kami yakin bahwa almarhum adalah orang yang memiliki integritas dalam melaksanakan tugas kenegaraan sebagai pejabat Pemda Garut dan juga mempunyai fungsi-fungsi sosial dan integritas dalam melaksanakan kegiatan organisasi,” ucapnya.

Rudy menyampaikan, almarhum sebelumnya sudah beberapa kali menduduki beberapa jabatan baik dalam pemerintahan maupun organisasi.

“Beliau adalah birokrat senior di Pemda Garut, beberapa kali menjadi camat, menjadi kepala dinas, terakhir menjadi wedana Leles tahun 2000. Dan beliau pun setelah purna bakti sebagai birokrat dan menduduki berbagai jabatan di kepramukaan,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Garut menerangkan terkait keinginan almarhum mempunyai masjid besar di Kecamatan Cilawu. Pemkab Garut akan memberikan bantuan kembali Rp200 juta untuk penyelesaian bangunan Masjid Besar Kecamatan Cilawu setelah sebelumnya memberikan bantuan dana untuk pembangunan masjid, sehingga total bantuan yang diberikan yaitu sejumlah Rp600 juta.

“Tentu sekali lagi, beliau ahli ibadah, almarhum juga mempunyai keinginan bahwa Cilawu mempunyai masjid besar yang megah, masjid besar yang banyak jamaahnya, masjid besar yang dimakmurkan dengan amalan-amalan jamaah untuk berdoa, memohon pertolongan, dan beribadah kepada Allah SWT,” pungkasnya.