Bupati Pangkep: Pilkades Serentak Harus Terapkan Prokes

Pangkep – Pemerintah Kabupaten Pangkep menggelar rapat koordinasi persiapan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, yang dipimpin langsung oleh Bupati Muhammad Yusran Lalogau, Selasa (3/8).

Bupati Yusran Lalogau menyampaikan kepada pihak yang terlibat agar Pilkades ini untuk menekankan aspek keamanan dan kesehatan.

“Dalam Pilkades pastikan digelar dengan protokol kesehatan (prokes). Kita berharap Pilkades berjalan aman dan bebas COVID-19,” kata Yusran.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pangkep Abd Haris Has mengatakan, dalam rakor ini dijelaskan kondisi terkini menjelang Pilkades serentak. Ia mengatakan, berdasarkan data kasus COVID-19, Kabupaten Pangkep saat ini berada di level 3.

“Level 3 boleh menggelar Pilkades selama ada rekomendasi dari satgas. Hasil rapat tadi, Alhamdulillah satgas menyampaikan kita bisa laksanakan Pilkades,” ujarnya.

Akan tetapi, tambahnya, jika kondisi COVID-19 naik pada level 4 maka semua tahapan pilkades akan dihentikan.

Lanjutnya, Pilkades dijadwalkan berlangsung 20 Oktober. Tahapannya akan dimulai awal 7 Agustus dengan pembentukan panitia Pilkades serentak.