Paripurna RPJMD, Bupati Rohul Sampaikan Visi Misi Pembangunan 2021-2026

Rohul - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar Rapat Paripurna penyampaian Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, di Ruang Paripurna DPRD Rohul, Senin (2/8).

Hadir dalam Sidang Paripurna, Bupati Rokan Hulu Sukiman, Wakil Bupati Indra Gunawan, Danramil Rambah, serta seluruh kepala dinas dan badan di lingkungan pemkab setempat. Rapat paripurna RPJMD ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rokan Hulu Novli Wanda Ade Putra, didampingi Wakil Ketua DPRD Dari Fraksi Golkar Nono Patria Pratama, dan Wakil Ketua DPRD dari F-PAN Andrizal.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rokan Hulu Sukiman menyampaikan laporan RPJMD di hadapan pimpinan dan seluruh anggota DPRD Rohul, yang mana dalam penyampaiannya bahwa dalam tahapan penyusunan rancangan awal RPJMD 2021-2026 telah didahului dengan dilaksanakannya kegiatan forum konsultasi publik pada 22 Juli lalu di Hall Islamic Center Rohul dengan melibatkan semua unsur perangkat daerah dan stakeholder dalam rangka menjaring aspirasi, masukan dan saran dari setiap unsur pemangku kepentingan guna penyempurnaan rancangan awal RPJMD.

Bupati Sukiman juga menyampaikan bahwa adapun visi dan misi pembangunan dalam 2021 - 2026 yaitu terwujudnya Kabupaten Rokan Hulu yang lebih maju dan berdaya saing dalam keragaman adat dan budaya berdasarkan nilai-nilai agama menuju masyarakat sejahtera. Sedangkan misi pembangunannya adalah mewujudkan kualitas sumber daya manusia cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha esa.

Kemudian, mewujudkan pembangunan dan pengembangan ekonomi produktif, kreatif dan berdaya saing berbasis kerakyatan dan mendorong berkembangnya investasi serta pariwisata daerah. Mewujudkan ketersediaan infrastruktur yang berimbang dengan membangun desa menata kota secara berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Sambung bupati, yaitu mewujudkan kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tentram berlandaskan adat dan budaya serta agama yang berbeda. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif melalui pelayanan publik yang terpercaya, akuntabel dan transparan.

Sukiman juga menyampaikan, berdasarkan isu strategis yang diambil dalam mencapai visi dan mewujudkan misi pembangunan Rohul 2021-2026 adalah SDM dan pembangunan kesejahteraan sosial, pengembangan komoditas unggulan untuk menopang perekonomian daerah, pembangunan infrastruktur dasar untuk meningkatkan cakupan dan layanan sarana dan prasarana wilayah dengan memperhatikan penataan ruang dan lingkungan hidup

Kemudian, kehidupan masyarakat yang harmonis, aman dan tentram berdasarkan adat dan budaya serta agama yang berbeda, serta tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efisien.

Oleh karena itu, jelas Bupati Sukiman, akan dilakukan penetapan indikator kinerja utama yang akan menjadi alat ukur tingkat pencapaian keberhasilan, efektivitas dan efisiensi pengelolaan pemerintah Rohul berdasarkan visi dan misi serta tujuan dan saran serta penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah.

Setelah membacakan laporan RPJMD, Bupati Sukiman berharap laporan ini dapat dibahas bersama-sama guna mencapai kesepakatan bersama dalam mewujudkan Kabupaten Rokan Hulu yang sejahtera, harmonis dan berbudaya.