Kabinda Kalbar Kunjungan Kerja ke Singkawang

Singkawang – Kepala Badan Intelijen Daerah (Kabinda) Kalimantan Barat Brigjen Pol Rudi Pranggono melakukan kunjungan kerja dan koordinasi ke Kota Singkawang, Rabu (4/8), dalam rangka bertemu Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang dan jajaran Forkopimda.

Kabinda mengatakan, menjadi kebanggaan bagi dirinya dapat melakukan kunjungan kerja di Kota Singkawang. Ia pun menceritakan dirinya merupakan putra asli Kalimantan Barat tepatnya di Pontianak.

“Saya asli orang Pontianak. Saya juga baru 4 bulan menjabat sebagai Kabinda Kalbar. Sebelumnya jabatan saya sebagai Direktur Komunikasi Sosial BIN Pusat,” kata kabinda.

Ia menyebutkan, sesuai tugas pokok dan fungsi, sebagai instansi vertikal Binda melakukan pengawasan di daerah dan melakukan monitoring perkembangan seluruh wilayah di bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan (ipoleksosbudhankam) setiap harinya.

“Binda memiliki 40 personil untuk melakukan pengawasan dan monitoring perkembangan bidang Ipoleksosbudhankam di 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat. Selain itu ada tugas tambahan sebagai pengawas aparatur negara baik TNI, Polri, PNS dalam rangka pelaksanaan kegiatan,” ujarnya.

Terkait penanganan COVID-19, ia meminta untuk mengikuti semua kebijakan pemerintah pusat. Hasil pemantauannya, untuk PPKM di Kota Singkawang sudah berjalan dengan baik.

“Waktu saya ke Singkawang, saya melihat langsung pelaksanaan PPKM di kota Singkawang dan hasilnya pengawasannya, sebagian besar masyarakat menerima adanya PPKM,” katanya.

Ia pun berharap bantuan sosial di masa pandemi harus cepat disaluran dan tepat sasaran sesuai dengan arahan presiden.

“Kita sangat mendorong penanganan COVID-19 berjalan maksimal sehingga perekonomian dapat pulih kembali,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie menyambut baik kunjungan kerja Kabinda Kalimantan Barat.

“Sangat berterima kasih sudah hadir di Kota Singkawang. Tentunya menjadi kebahagian bagi kami dan menjadikan semangat baru,” kata Tjhai Chui Mie.

Ia berharap dengan pertemuan ini dapat saling memberikan informasi untuk Kota Singkawang menuju lebih baik, apalagi di masa pandemi saat ini, langkah cepat segera dilakukan.

“Perlu adanya sinergitas yang baik antar Forkopimda bersama dalam melaksanakan tugas, terutama menyangkut keselamatan warga Singkawang,” ujarnya.