TP PKK Kalsel Serahkan APAR dan TSB kepada PKK Banjar

Martapura - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Selatan memberikan edukasi sekaligus menyerahkan bantuan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan Tas Siaga Bencana (TSB) dalam rangka rangkaian kegiatan Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana.

Penyerahan ini dilakukan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Safriati Safrizal secara simbolis kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas, di halaman Mahligai Sultan Adam, Martapura, Kamis (5/8).

Adapun bantuan tersebut akan disalurkan ke Kecamatan Martapura Timur dan Aluh-Aluh. Adapun TSB berisi barang keperluan saat darurat bencana seperti selimut, handuk, sabun, sikat gigi, pasta gigi, dan lainnya

Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan Safriati Safrizal menjelaskan kegunaan isi dari Tas Siaga Bencana (TSB), dan mengingatkan TP PKK kecamatan untuk mengutamakan pencegahan bencana dan langkah-langkah yang perlu dilakukan.

"Pada hari ini, kami dari TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan yang merupakan gerakan sinergitas dari Tim Penggerak PKK pusat yaitu bidang IV, bidang kesehatan keluarga dan lingkungan, menyalurkan bantuan ke Kabupaten Banjar yaitu berupa bantuan Alat Pemadam Api Ringan juga Tas Siaga Bencana,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, sebelum ini sudah menyalurkan bahan makanan bergizi kepada masyarakat terdampak COVID-19 di Kabupaten Banjar khususnya masyarakat yang berada di pinggiran sungai dan pedagang di pasar terapung.

“Hari ini kita menyalurkan bantuan dasawisma, desa yang kita prediksi merupakan daerah rawan kebakaran dan siaga bencana, mudah-mudahan APAR dan TSB ini bisa kita pergunakan menjadi alat pendukung simulasi yang nanti akan diadakan sebagai sosialisasi gerakan pencegahan dan siaga bencana tingkat kecamatan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar Nurgita Tiyas mengapresiasi edukasi yang diberikan Pj Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan saat menjelaskan isi dari Tas Siaga Bencana.

"Kami Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar sangat teredukasi dengan kehadiran TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana juga Ibu Pj Gubernur merupakan Ketua Bidang IV di TP PKK Pusat, hal tersebut sangat berkesan dan menjadi semangat. Ke depan kami akan konsen bersama pokja yang terkait untuk bisa bekerjasama dengan semua pihak baik itu swasta maupun pemerintah daerah agar bisa melakukan langkah-langkah preventif yang diharapkan oleh TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan,” pungkasnya.