Dekranasda Kunjungi Kelompok Binaan Desa Sulam Emas Aceh Barat

Meulaboh - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Aceh bersama dengan Dekranasda Kabupaten Aceh Barat memberikan pembinaan dan penilaian terhadap desa kerajinan sulam benang emas tahun 2021 di gampong Kuala Bubon Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat pada Kamis (05-08-2021)

Tim Pembinaan dan Penilaian tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati yang didampingi oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Barat Evi Juwinda. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Aceh Barat, camat Samatiga, geuchik gampong Kuala Bubon, tokoh masyarakat, Ketua TP PKK Kecamatan Samatiga, serta para pengrajin sulam benang emas Gampong Kuala bubon.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Aceh Dyah Erti Idawati, menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan bentuk silaturahmi sekaligus memberikan pembinaan dan penilaian kepada desa Kuala Bubon Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat oleh tim dari Dekranasda Aceh.

"Semoga kegiatan ini bisa berdampak positif untuk kemajuan masyarakat gampong Kuala Bubon ini," ujarnya.

Lebih lanjut Dyah mengatakan, Dekranasda memiliki tugas yang sangat mulia yakni memakmurkan para pengrajin lokal dengan membantu memasarkan produk kerajinan setempat sehingga diharapkan perekonomian masyarakat pun bisa ikut meningkat.

"Selain itu, Dekranasda juga bertugas untuk melestarikan warisan luhur dengan melahirkan generasi penerus guna menjaga kelestarian budaya dan tradisi di daerah tersebut," ujarnya.

Lebih lanjut, Dyah menyampaikan bahwa produk hasil kerajinan ini haruslah mengikuti tren terkini agar menarik minat masyarakat untuk membeli. Menurutnya, dengan produk yang trendi maka tingkat penjualannya pun akan semakin meningkat sehingga kesejahteraan para pengrajin bisa ikut meningkat.

Dyah mengatakan, pihaknya akan terus mempromosikan produk hasil kerajinan masyarakat lokal melalui showroom maupun pameran mulai dari tingkat Provinsi sampai ke tingkat Nasional dan semua dilakukan tanpa dipungut biaya dari para pengrajin.

"Semoga dengan adanya pembinaan dan penilaian ini bisa memacu para pengrajin untuk terus meningkatkan kualitas produknya dengan mengikuti tren saat ini," harapnya.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Barat Evi juwinda menyampaikan bahwa pembinaan dan penilaian kerajinan sulaman benang emas tahun ini diharapkan dapat berdampak positif kepada masyarakat khususnya bagi gampong Kuala Bubon Kecamatan Samatiga Aceh Barat.

"Semoga kerajinan hasil kreativitas dan inovasi gampong Kuala bubon bisa bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut, Evi juwinda mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan pembinaan kepada masyarakat Aceh Barat khususnya para kaum perempuan agar bisa mandiri secara ekonomi.

"Dengan adanya kerajinan sulaman benang emas di desa Kuala bubon ini diharapkan  dapat memotivasi desa-desa lainnya untuk  menggali potensi yang dimiliki oleh masyarakatnya dalam melahirkan inovasi di sektor kerajinan tangan guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga," harap Evi Juwinda.

Tim Pembinaan dan Penilaian Desa Kerajinan 2021 yang dilakukan oleh Dekranasda Aceh ini rencananya akan melanjutkan kegiatannya di desa yang berada di Kabupaten Nagan raya dan Aceh Barat Daya.