Pemkab Pandeglang Kembali Raih INAGARA Award

Pandeglang - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, meraih penghargaan Anugerah Inovasi Administrasi Negara (INAGARA) Award 2021 dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Wakil Bupati Tanto Warsono Arban, saat menerima penghargaan tersebut secara virtual berharap raihan ini bisa menjadi motivasi untuk mendorong perubahan di Kabupaten Pandeglang.

"Penghargaan ini merupakan hasil dari komitmen bersama yang saat ini terus berupaya untuk meningkatkan budaya inovasi khususnya sektor administrasi negara," kata Tanto di kediamannya , Jumat (6/8).

Diungkapkan Tanto, pemberian penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Pandeglang bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 LAN RI.

"Kami sangat bangga karena INAGARA Award ini adalah penghargaan tertinggi di bidang inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan yang diberikan LAN RI kepada pemerintah daerah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Utuy Setiadi menjelaskan, kegiatan yang berkaitan dengan inovasi yang sudah dijalankan oleh Pemkab Pandeglang mulai dari lomba Sistem Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) tingkat kabupaten pada tahun 2017 yang berlangsung sampai saat ini, Diseminasi dan Seminar Inovasi, Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam penyusunan Roadmap dan Rencana Aksi SIDA Kabupaten Pandeglang.

"Perlahan tapi pasti perkembangan Inovasi di Kabupaten Pandeglang mengalami kemajuan, salah satu indikatornya adalah Indeks Inovasi Daerah yang sebelumnya tahun 2019 hanya di angka 171 dengan kategori kurang inovatif menjadi sangat inovatif pada tahun 2020 dengan raihan angka 1831," pungkasnya.

Utuy mengatakan, ada banyak inovasi yang telah dievaluasi dan sebagian besar telah terlaksana.