Ketua TP PKK Kubu Raya Ajak Ibu Hamil dan Menyusui Ikut Vaksinasi

Kubu Raya - Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 terus digencarkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat untuk meminimalisir penyebaran virus Corona di wilayah setempat.

Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/368/2021, tanggal 11 Februari 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Pemerintah Kubu Raya juga akan memberikan vaksin COVID-19 kepada ibu hamil dan menyusui.

Ketua TP PKK Kubu Raya Rosalina Muda menyampaikan kabar gembira bagi ibu-ibu menyusui yang ada di seluruh pelosok kabupaten termuda di Kalbar ini, bahwa ibu menyusui sudah bisa menerima vaksin COVID-19.

"Untuk ibu-ibu menyusui yang ingin mendapatkan vaksin COVID-19 sudah bisa mendatangi fasilitas kesehatan (faskes) yang ada dimasing-masing kecamatan dan desa, baik puskesmas, pustu dan faskes lainnya," kata Rosalina Muda saat mendampingi Bupati Muda Mahendrawan meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis kedua di kantor bupati, Sabtu (7/8) pagi.

Bunda PAUD Kabupaten Kubu Raya itu menilai, diberikannya vaksin COVID-19 kepada ibu hamil dan menyusui sebagai upaya melindungi diri dari penyebaran virus Corona. Apalagi dengan munculnya virus baru yang sifatnya lebih mudah menular, seperti varian Delta.

“Karena peningkatan kekebalan tubuh juga ditemukan pada ibu menyusui yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Bahkan, pada ibu yang telah vaksinasi COVID-19 ditemukan kadar antibodi severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (slgA spesifik SARS-CoV-2) dalam ASI meningkat pesat dalam waktu 14 hari pascavaksinasi dosis pertama semakin kuat setelah pekan ke-4 dan terukur lebih tinggi pada pekan ke-5 dan ke-6,'' terangnya.

Dalam dua kondisi tersebut, Ketua Dekranasda Kubu Raya itu berharap agar dukungan dan semangat terhadap ibu menyusui untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya terus digalakkan terutama saat pandemi COVID-19. Sebab, selain sebagai sumber makanan utama, ASI juga penting untuk melindungi bayi dari paparan COVID-19.

"Saat ini, dukungan terhadap ibu menyusui sangat dibutuhkan agar ibu dapat memberikan bayinya untuk 1.000 hari pertama kehidupan. Untuk itu, saya mengajak ibu menyusui segera mendaftarkan diri mendapatkan vaksin COVID-19 di fasilitas kesehatan terdekat dan menanyakan kepada tenaga kesehatan untuk mendapatkan informasi lebih lengkap," ujarnya.

"Kami akan memastikan semua ibu menyusui di Kubu Raya bisa menerima vaksinasi agar mereka terlindungi dari virus Corona sehingga mampu mengasuh dan merawat anaknya," pungkasnya