Juarsah Pastikan Kesiapan Muara Enim Tangani COVID-19

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah kembali menggelar rapat khusus bersama jajarannya untuk memastikan kesiapan penanganan pandemi COVID-19 di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Selasa (31/3).

Pembahasan rapat kali ini difokuskan Juarsah dalam mengantisipasi dampak terburuk (ekstrem) yang mungkin saja sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Berdasarkan hasil laporan dari masing-masing kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, secara umum persiapan dan langkah-langkah strategis yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Muara Enim telah berjalan dengan baik, namun tentu saja masih terdapat hal-hal yang dimatangkan lagi," ujar Juarsah.

Juarsah menambahkan, untuk ketersediaan cadangan pangan, seperti beras, gula dan minyak goreng, Disperindag Kabupaten Muara Enim memastikan cukup tersedia sampai tiga bulan ke depan, begitu pula dengan harga yang masih terbilang normal.

"Sementara itu, skenario dapur umum darurat-pun sudah dipersiapkan oleh Dinas Sosial dan BPBD, baik dengan tenda maupun mobil dapur umum," tambahnya.

Juarsah mengatakan, dari Dinas Kesehatan juga melaporkan stok ketersediaan masker, cairan pembersih tangan, alat pelindung diri (APD) dan vitamin masih cukup untuk 1 bulan, namun tentu saja masih belum mencukupi dalam kebutuhan yang besar.

"Kepala Dinkes menyampaikan telah mengupayakan mencari kekurangan tersebut. Rumah sakit, Puskesmas maupun RS darurat di Islamic Center juga telah siaga," ujarnya.

Sementara itu, Sekda Muara Enim Hasanudin juga menyampaikan gugus tugas dari tingkat desa, kecamatan hingga di kabupaten telah dibentuk dan terus berkoordinasi.

"Sesuai dengan arahan Mendagri dalam Surat Edaran Nomor 440/2622/SJ tentang Pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerah yang baru diterima hari ini, maka pada 1 April akan diumumkan kembali susunan Gugus Tugas Kabupaten Muara Enim yang baru dengan Ketua dijabat langsung oleh Plt Bupati Muara Enim Juarsah," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Muara Enim Nino Adrian mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas langkah-langkah strategis Pemkab Muara Enim yang dinilainya sangat tanggap dan telah tersusun dengan baik dalam menghadapi COVID-19.

Sementara itu di tempat yang sama, Kapolres dan Dandim 0404 Muara Enim memastikan keamanan wilayah maupun ketertiban masyarakat terjaga dengan aman.

Begitu pula dengan kajari Muara Enim yang siap melakukan pendampingan hukum terhadap realokasi anggaran untuk penanganan COVID-19.