Sambut Hari Kemerdekaan, Bupati Aceh Barat Imbau Kibarkan Bendera Merah Putih

Meulaboh - Menyambut HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus melakukan berbagai persiapan, salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi dengan para camat se-Kabupaten Aceh Barat yang dipimpin langsung oleh Bupati Ramli MS di ruang rapat bupati pada Senin (9/8).

Rapat koordinasi dalam rangka menyemarakkan HUT ke-76 RI ini turut dihadiri oleh asisten bidang Pemerintahan dan Keistimewaan Aceh Setdakab Aceh Barat, Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Barat, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Barat, serta seluruh camat.

Dalam rapat tersebut, Bupati Aceh Barat, Ramli MS, menegaskan bahwa peringatan HUT ke-76 RI tahun ini harus dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat mengingat saat ini kita masih berada dalam kondisi pandemi.

"Ini merupakan bentuk komitmen dari Pemerintah daerah guna mencegah penyebaran COVID 19 di Kabupaten Aceh Barat," ucapnya.

Lebih lanjut, Ramli MS meminta kepada para camat agar dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memperingati kemerdekaan Republik Indonesia.

"Saat ini kita telah merasakan buah dari perjuangan para pahlawan kemerdekaan terdahulu, untuk itu sebagai wujud syukur sudah semestinya kita mengingat jasa para pejuang tersebut," ucapnya.

"Ajaklah masyarakat untuk ikut serta dalam menyemarakkan HUT RI tahun ini dengan cara yang persuasif dan inovatif," imbuh Ramli MS.

Ramli menghimbau kepada para camat beserta seluruh masyarakat agar ikut memeriahkan HUT RI ke-76 ini dengan mengibarkan bendera Merah Putih, memasang umbul-umbul, serta melaksanakan gotong royong di lingkungan masing-masing seperti di mesjid, kantor camat, puskesmas serta di fasilitas umum.

"Bangkitkanlah semangat gotong royong kepada masyarakat untuk menciptakan keindahan dan kebersihan dilingkungannya masing-masing dalam rangka menyambut hari kemerdekaan Indonesia ke 76 ini," pinta Ramli MS.

Kemerdekaan Indonesia diraih tidak terlepas dari perjuangan para ulama dan santri serta seluruh rakyat Indonesia yang telah mengorbankan jiwa dan raganya demi Bangsa ini. Oleh sebab itu, Peringatan hari kemerdekaan Indonesia haruslah dilandasi dengan nilai-nilai nasionalisme dan spiritual ucap Ramli MS

Selain upacara bendera, Ramli MS meminta peringatan HUT RI tahun ini harus di isi dengan kegiatan keagamaan seperti zikir dan membaca yasin di setiap mesjid yang ada di kecamatan pada malam 17 agustus mendatang. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mencari keberkahan Allah SWT demi keselamatan negeri ini dari segala mara bahaya dan bencana terutama pandemi COVID-19 yang sampai saat ini belum berakhir ungkapnya

Ramli MS mengatakan, kinerja camat merupakan gambaran dari tata kelola pemerintahan Kabupaten Aceh Barat kepada masyarakat khususnya yang berada di tingkat kecamatan dan desa. Untuk itu, bekerjalah dengan sungguh-sungguh untuk rakyat demi kemajuan negeri ini khususnya Kabupaten Aceh Barat.

Sementara itu, Kabag pemerintahan Setdakab Aceh Barat Ruswaidi mengatakan bahwa pihaknya telah menyurati seluruh camat se-Aceh Barat untuk dapat menghias kantornya serta fasilitas umum lainnya dengan mengibarkan bendera Merah Putih, memasang umbul-umbul, serta melaksanakan gotong royong di wilayahnya masing-masing dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT ke-76 RI.

Ia juga mengatakan pelaksanaan HUT RI tahun ini tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai komitmen pemerintah daerah guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 di Kabupaten Aceh Barat ujarnya. (Diskominsa Bid. KIP)