2.654 Orang Daftar Program Yess di Kabupaten Banjar

Martapura -  Melalui program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (Yess), Kementerian Pertanian ingin melahirkan wirausaha milenial dari sektor pertanian yang dibiayai International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Program Yess ini dilaksanakan di empat Provinsi dengan 15 kabupaten yaitu Provinsi Kalimantan Selatan (Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tanah Bumbu), Provinsi Sulawesi Selatan (Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bone, Kabupaten Bulukumba dan Kabupaten Maros).

Adapun Provinsi Jawa Barat (Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Subang), dan untuk Provinsi Jawa Timur (Kabupaten Malang, Kabupaten Malang, Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Pacitan).

Di Kabupaten Banjar, dari awal launching program Yess tahun 2019 sampai saat ini yang mendaftar sebanyak 2.654 orang dan yang akan mengikuti pelatihan sebanyak 1.200 orang dengan 82 paket pelatihan dasar.

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Riza Dauly mengatakan bahwa program Yess ini untuk menciptakan wirausaha melinial yang tangguh dengan kisaran umur 17-39 tahun.

“Ada 19 Kecamatan di Kabupaten Banjar yang masuk dalam program Yess, dan ada 4 Kecamatan yang akan dilakukan pelatihan yakni Kecamatan Sambung Makmur, Kecamatan Pengaron, Kecamatan Mataraman dan Kecamatan Astambul,” tuturnya, Senin (9/8).

Selain itu, ia menjelaskan bahwa program ini membuka lapangan pekerjaan sesuai dengan visi misi Bupati Kabupaten Banjar dengan program menyiapkan 15.000 lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

“Adapun untuk launching program yess di Kabupaten Banjar menunggu arahan dari Bupati Banjar dan rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” jelasnya.