Dinkes Kota Kediri Alihkan Lokasi Vaksinasi Tahap Kedua

Kediri - Pemerintah Kota Kediri mulai melakukan vaksinasi tahap kedua di halaman Dinas Kesehatan Kota Kediri hingga 18 Agustus mendatang.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Kediri Alfan Sugiyanto mengatakan, pengalihan lokasi vaksinasi massal tahap kedua dilakukan untuk mengefisienkan kinerja vaksinator dalam percepatan vaksinasi.

"Lokasi vaksinasi tahap kedua kita alihkan supaya petugas vaksinasi bisa bekerja lebih cepat dan efisien agar segera terbentuk kekebalan kelompok (herd immunity) di Kota Kediri," ujarnya saat ditemui di halaman Dinas Kesehatan Kota Kediri, Selasa (10/8).

Lebih lanjut Alfan menuturkan bahwa selama pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini masyarakat dapat hadir sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Kami sudah mengumumkan untuk jadwal vaksinasinya. Jika mendapat vaksin dosis pertama pada 14 Juli mendapat dosis kedua 12 Agustus, dosis pertama 15 Juli mendapatkan dosis kedua 16 Agustus dan dosis pertama 21 Juli mendapatkan dosis kedua 18 Agustus," ujarnya.

Alfan menambahkan bahwa pengalihan lokasi yang terbilang tiba-tiba ini bisa saja belum diketahui banyak masyarakat.

"Untuk mengantisipasi masyarakat yang seharusnya mendapat vaksinasi dosis kedua, tapi baru mengetahui informasinya hari ini atau besok, kita tetap akan menerima dan memberikan vaksinasi selama vaksinasi masih berlangsung. Dengan syarat vaksinasi dosis pertama dilakukan di Taman Brantas pada bulan Juli kemarin," terangnya.

Pengalihan lokasi vaksinasi ini mendapat tanggapan positif dari peserta vaksinasi, salah satunya Ike Dwi Rahayu yang berdomisili di Kelurahan Campurejo.

"Pengaturan selama proses vaksinasi lebih teratur di halaman Dinkes daripada Taman Brantas. Pelayanannya juga lebih tepat waktu dan cepat. Ketika datang langsung dilayani dan tidak perlu menunggu terlalu lama," ujar perempuan 25 tahun itu.