Wabup Rohul Lantik BPD Dua Desa di Kecamatan Kepenuhan

Rohul - Wakil Bupat Rokan Hulu (Rohul) Indra Gunawan melantik anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2021 - 2027 di Desa Ulak Patian dan Desa Kepenuhan Hilir, Kecamatan Kepenuhan, Selasa (10/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas BPMPD Margono, Kadis Dukcapil Saipul Bahri, Plt Kaban Kesbangpol, Camat Kepenuhan Gustia Hendri, Kasi Bina Administrasi Aparatur Pemerintah Desa Mukhlis, Kades Ulak Patian Zainuddin, Kades Kepenuhan Hilir Tengku Kasmijon Efendi.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Indra Gunawan mengucapkan selamat kepada ketua dan anggota BPD yang baru dilantik.

"Semoga momentum ini bisa menjadi semangat baru dalam upaya membangun desa dan Kabupaten Rokan Hulu kedepan," ujarnya.

Wabup menyampaikan, berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang menyebutkan bahwa pemdes dalam menjalankan tugas bertanggung jawab kepada Bupati dalam satu tujuan mewujudkan masyarakat Rokan hulu yang sehat, cerdas dan sejahtera. BPD yang merupakan bagian dari pemerintahan Desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

"Disinilah peran pemerintahan desa yang dituntut harus mampu menumbuh kembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan dan pembangunan. BPD juga memiliki peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga. Oleh karena itu kepada anggota BPD yang baru dilantik saya berharap senantiasa dapat meningkatkan kapasitas diri serta berinovasi untuk mampu menghindari persoalan hubungan disharmonis antara BPD dan pemerintah desa yang sering kali terjadi sebagai akibat dari kesenjangan pemahaman atas pengetahuan regulasi yang ada," ujar wabup.

Wabup yang akrab disapa Ujang Lurah ini juga berharap kepada anggota BPD yang dilantik agar dapat segera menyesuaikan diri dan bekerja, agar bisa memahami dengan betul situasi, kondisi, potensi, problematika,serta aspirasi yang ada di masyarakat, untuk selalu mengedepankan budaya jujur, gotong royong, kebersamaan dan terbuka didalam bekerja dan melayani masyarakat.

Wabup juga tidak lupa mengajak masyarakat agar senantiasa disiplin menjaga diri dan keluarga dari virus COVID-19, tetaplah bersabar, optimistis dan tetap patuhi protokol kesehatan dengan jaga jarak dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain, menghindari kerumunan, selalu rajin dalam mencuci tangan, serta disiplin menggunakan masker terutama saat keluar rumah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Ulak Patian Zainuddin mengatakan harapannya kepada BPD yang baru dilantik untuk dapat melaksanakan tugasnya dalam membantu pembangunan desa agar menjadi lebih baik kedepannya.

Dirinya juga berharap kepada Pemkab Rokan Hulu agar dapat melanjutkan pembangunan aspal menuju Desa Ulak Patian serta perbaikan pembangunan jembatan penghubung antara Desa Ulak Patian dengan Desa Rantau Benuang Sakti demi memudahkan akses perekonomian masyarakat dan mempermudah akses masyarakat luar yang datang terutama saat melaksanakan suluk ke Desa Rantau Benuang Sakti.

Usai melantik BPD di dua desa yang berbeda, Wabup Indra Gunawan juga menyempatkan diri memantau turap yang ada di Desa Ulak Patian, sekaligus meninjau jembatan penghubung antara Desa Ulak Patian dengan Desa Rantau Benuang Sakti yang sangat membutuhkan perbaikan.