56 PNS Pemkab Polman Ikuti Ujian Dinas dan Penyesuaian Ijazah

Polewali Mandar - Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, melalui Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) menggelar ujian dinas dan penyesuaian ijazah sebagai syarat bagi pegawai negeri sipil (PNS) untuk kenaikan pangkat.

Ujian yang diikuti 56 orang PNS ini dilakukan secara online dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) tahun 2021 di Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Polewali, Rabu (11/8).

Kepala BKPP Kabupaten Polewali Mandar Alimuddin mengatakan, ujian dinas kali ini diikuti sebanyak 56 peserta, terdiri dari ujian dinas tingkat I sebanyak 23 peserta, ujian dinas tingkat II diikuti satu peserta. Sedangkan ujian penyesuaian ijazah untuk pendidikan S1 sebanyak 23 peserta dan S2 diikuti 5 peserta, untuk 4 orang lainnya yang memiliki masa sanggah dan telah memenuhi syarat.

"Ujian ini dilakukan secara online. Dimana tahun-tahun sebelumnya dilakukan, bekerjasama dengan BKN. Alhamdulillah, tahun ini dilakukan secara daring, melalui tim kami di bidang diklat dengan aplikasi, untuk kebutuhan ujian yang pertama kali dilakukan. Adapun peserta yang mendaftar sebanyak 91 orang, yang memasukkan berkas 75 orang dan yang lolos verifikasi dan memenuhi syarat 52 orang, 23 orang lainnya tidak memenuhi syarat. 52 peserta ini, terdiri dari Ujian Dinas Tingkat I 23 orang, Tingkat II 1 orang. Sedangkan, untuk penyesuaian ijazah S1 23 orang dan S2 5 orang, kemudian masa sanggah 4 orang dan memenuhi syarat, sehingga yang ikut ujian dinas 56 orang," jelasnya.

Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan BKPP Kabupaten Polewali Mandar Miftah Farid mengatakan, adapun syarat peserta ujian dinas tingkat I, PNS yang memiliki pangkat pengatur tingkat I (II/d) dan syarat peserta ujian tingkat II, PNS yang memiliki pangkat penata tingkat I (III/d), dan peserta yang memiliki ijazah pendidikan S1 dan S2, mengikuti ujian penyesuaian ijazah.

“Adapun persyaratan ikut sebagai peserta ujian dinas tingkat I, minimal pangkat II/d untuk mendapat pangkat golongan III/a. peserta ujian dinas tingkat II, PNS berpangkat III/d ke pangkat golongan IV/a dan yang sudah memiliki ijazah S1 dan S2 mengikuti Ujian Penyesuaian ijazah,” katanya.

Untuk ujian dinas tingkat II dan penyesuaian ijazah pendidikan S2, selain mengikuti ujian tes secara online juga mengikuti tes wawancara di Sekretariat Daerah Kantor Bupati Polewali Mandar yang melibatkan Kepala BKPP dan seluruh asisten.