Pemkab Garut Salurkan Bansos untuk Penyintas Longsor di Talegong

Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Eded Komara Nugraha menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk para penyintas bencana longsor di Kecamatan Talegong.

Prosesi penyerahan dilakukan di Aula Desa Sukamulya, Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut, Rabu (11/8).

Bupati Garut menyampaikan bahwa bantuan ini diberikan untuk warga yang dulu terdampak bencana longsor di Kecamatan Talegong. Rudy menyebutkan pihaknya memberikan bantuan berupa uang tunai sejumlah Rp25 juta kepada 29 para penyintas bencana longsor.

“Kita hari ini ada peresmian penyerahan bantuan kepada mereka yang terdampak kebencanaan (longsor), jumlahnya untuk 29 orang masing-masing Rp25 juta,” ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya akan menyediakan anggaran khusus untuk mengatasi kebencanaan di Kabupaten Garut.

“Kami mohon maaf atas terlambatnya penyaluran bantuan ini, karena kami berkomunikasi dengan BPBD Provinsi dan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), karena dari Provinsi dan pusat tidak ada anggaran, maka kami Pemkab Garut menyediakan anggaran kebencanaan sebesar Rp17 miliar,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, bupati mengimbau kepada para kepala desa untuk meningkatkan mitigasi kebencanaan karena Garut merupakan salah satu kabupaten yang memiliki tingkat kebencanaan yang tinggi.