Pemkab Kubu Raya Kembali Gelar Vaksinasi Massal di Desa

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, sebaran vaksinasi COVID-19 dosis kedua ini merupakan lanjutan dari penyuntikan vaksin dosis pertama yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

"Sebaran vaksinasi COVID-19 secara massal ini masih kita fokuskan di 17 desa yang tersebar diempat kecamatan yang memiliki kepadatan penduduk dan berada di hinterland Kota Pontianak, karena wilayah ini memiliki kerentanan terhadap penyebaran virus corona," kata Muda Mahendrawan didampingi Ketua TP PKK Roslina Muda bersama Kepala Dinas Kesehatan Marijan, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis kedua di gedung serbaguna Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Kamis (12/8) pagi.

Melihat antusias masyarakat Kubu Raya yang sangat besar untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dosis kedua di Desa Teluk Kapuas, Bupati Muda meminta pemerintah desa bersama jajarannya untuk ikut mengawal kegiatan ini. Selain di desa Teluk Kapuas, sebaran vaksinasi juga dilakukan di beberapa desa. Yang mana untuk hari ini ada 6 titik serentak menggelar vaksinasi COVID-19 dosis kedua secara massal diantaranya, Desa Sungai Raya Dalam, Sungai Raya, Sungai Ambawang, Rasau Jaya, dan Sungai Kakap.

"Kita secara konsisten akan terus melakukan skema sebaran vaksinasi di desa-desa, karena dengan cara ini jauh lebih efektif dan berdampak langsung terhadap upaya mempercepat vaksinasi dan kondisi itu sangat tampak antusias warga yang kita lakukan pada dosis pertama meski sempat tertunda untuk vaksinasi dosis kedua dan situasi itupun sangat terlihat gelombangnya," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Teluk Kapuas Abdul Halim mengatakan, pada vaksinasi COVID-19 dosis kedua ini, pihaknya menargetkan 392 warga tervaksin, karena ini merupakan jumlah warga yang sudah tervaksin dosis pertama pada Juni lalu.

"Kami tetap mengawal pelaksanaan vaksinasi dosis kedua ini dengan menginformasikan kepada masyarakat melalui Dusun, RT/RW untuk ikut vaksinasi COVID-19 secara massal di desa," kata Abdul Halim.

Kepala Desa Teluk Kapuas dua periode itu mengajak warga yang sudah divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Warga yang sudah divaksin ini kita harapkan jangan kendor untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar kita semua bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Kubu Raya," pungkasnya.