Pemkot Kediri dan Udinus Bahas Tindak Lanjut Kerjasama

Kediri - Pemerintah Kota Kediri kembali menggelar pertemuan dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang terkait pembahasan teknis kerjasama kedua pihak, di Balai Kota Kediri, Kamis (12/8).

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Pemerintah Kota Kediri dengan Udinus dimana dua pekan lalu ada penandatanganan MoU kerjasama. Jadi ada beberapa pengembangan-pengembangan teknologi yang nantinya akan ada kerjasama antara Udinus dengan Pemkot Kediri, termasuk juga pendidikan, terutama perguruan tinggi," ujar Kepala Barenlitbang Pemkot Kediri Chevy Ning Suyudi.

Chevy mengatakan, Kerjasama ini juga melibatkan Bagian Perekonomian dan Dinas Kominfo sebagai alih teknologi. Pemkot Kediri menilai Udinus merupakan Perguruan Tinggi dengan kredibilitas sangat baik yang menyandang akreditasi A.

Oeh karena itu, tambah Chevy, Pemkot Kediri mantab menjadikan Udinus sebagai partner dalam bekerjasama berbagai aspek.

“Walaupun Udinus masih baru di Kota Kediri, tetapi eksistensinya diakui cukup baik di Semarang, bahkan di Indonesia,” ujarnya.

Selain faktor akreditasi, Udinus juga dinilai telah berpengalaman dalam bekerjasama dengan Pemkot Semarang dengan hasil capaian yang baik. Kerjasama yang terjalin sejak tahun 2020 ini berawal saat Udinus membuka cabang kampus di Kota Kediri. Mulanya, kerjasama tersebut ditandai dengan pemberian beasiswa kepada lima puluh warga Kota Kediri.

Pemkot Kediri berharap melalui kerjasama ini dapat terjalin simbiosis mutualisme yang dapat menguntungkan masing-masing pihak.

“Semoga Udinus bisa semakin berkembang besar di Kota Kediri yang bisa menaikkan angka IPM Kota Kediri. Sedangkan untuk Pemkot Kediri, semoga tata kelola pemerintahannya bisa semakin baik, karena Udinus sudah berpengalaman menggarap smart city Kota Semarang dengan sangat baik," jelas Chevy.

Sementara itu, Direktur Dian Nuswantoro Teknologi Mohamad Siddiq menjelaskan bahwa di dalam perguruan tinggi terdapat Tri Dharma yang berisi salah satunya menjalin kerjasama dengan pihak mana pun, dalam hal ini yakni Pemkot Kediri. Tidak hanya bersinergi dengan Kota Kediri, Udinus juga telah berkolaborasi dengan kota-kota lain di Pantura, bahkan hingga dengan kabupaten/kota di luar Pulau Jawa.

“Masyarakat mengenal Udinus sebagai perguruan tinggi IT, sebenarnya ada bidang lain yang belum diketahui masyarakat yang sebenarnya juga memiliki potensi untuk bekerjasama dengan masyarakat,” jelas Siddiq.

Berbagai bidang kerjasama yang telah direalisasikan Udinus, jelas Siddiq, di antaranya dalam kegiatan percepatan vaksinasi. Udinus juga turut membantu Pemkot Semarang dalam percepatan vaksinasi sebagai sentra vaksinasi.

“Kami berharap melalui kerjasama ini bisa saling meningkatkan baik layanan kepada masyarakat maupun kinerja masing-masing organisasi. Selain itu kami juga berharap dapat meningkatkan kerjasama, sehingga potensi yang ada dalam Udinus dan Pemkot bisa sinergi, sehingga menjadi suatu kekuatan yang besar,” pungkas Siddiq.