Polres Aceh Tengah Gelar Kejuaraan Menembak

Takengon - Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, Kepolisian Resor (Polres) Aceh Tengah menggelar Kejuaraan Menembak Kapolres Cup.

Dalam acara yang menerapkan protokol kesehatan ini, sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dan instansi vertikal lainnya ambil bagian dalam kejuaran yang sifatnya eksebisi ini, termasuk Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Bupati Shabela, dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Kejuaran Menembak Kapolres Cup 2021 yang berlangsung di lapangan Tembak Perbakin, di Kampung Kala Nareh Kecamatan Pegasing. Dirinya berharap ajang ini dapat menjadi rutinitas agar dapat meningkatkan keahlian dan prestasi para atlet maupun pecinta olahraga menembak di Kabupaten Aceh Tengah.

Shabela mengatakan, baginya pelaksanaan kejuaran menembak ini merupakan surprise baginya. Karena menurutnya, kejuaran menembak yang digelar pada hari ini tersebut merupakan yang pertama sekali sejak dirinya menjabat sebagai Bupati Aceh Tengah sejak tahun 2017 lalu. Untuk itu, dirinyabsangat mengapresiasi pihak-pihak yang telah andil menggelar even kejuaran menembak di tengah kevakuman kepengurusan organisasi Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten Aceh Tengah tersebut.

“Kegiatan pada hari ini, sebenarnya sangat kami tunggu-tunggu Sudah hampir empat tahun kami menjabat, baru kali ini diajak untuk mengikuti latihan sekaligus mengikuti kejuaraan menembak,” ungkap Shabela, Kamis (12/8), ketika didaulat untuk membuka kejuaraan ini.

Shabela berharap, kejuaraan Kapolres Cup 2021  juga menjadi momentum untuk menghidupkan kembali organisasi menembak Perbakin yang selama ini nyaris vakum baik dari kepengurusan maupun kegiatan.

“Saya berharap dengan adanya kejuaraan ini akan memotivasi pihak terkait untuk mengaktifkan kembali organisasi Perbakin di daerah setempat yang beberapa tahun ini sempat vakum," lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati Shabela juga menegaskan bahwa dalam even kejuaran menembak ini bukan semata-mata untuk meraih gelar juara, tapi yang jauh lebih penting dari itu kegiatan ini dapat menjadi wadah silaturahmi antarjajaran Sipil dengan TNI dan Polri, serta sebagai media dalam membentuk konsentrasi dan kesabaran aparaturnya.

“Di samping sebagai wadah silaturrahmi, kesempatan ini adalah untuk melatih ketangguhan, kepercayaan diri dan kemampuan didalam melatih konsentrasi dan kesabaran,” sambungnya.

Sementara itu, Kapolres Aceh Tengah AKBP Mahmun Hary Sandy Sinurat, dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka untuk menyemarakkan HUT ke-76 RI tersebut gagasannya baru muncul tiga hari yang lalu ketika duduk bersama para demisioner pengurus Perbakin Aceh Tengah yang telah vakum selama 5 tahun terakhir.

Dikatakan AKBP Mahmun, dirinya bersama-sama dengan sejumlah insan pecinta olahraga menembak di Aceh Tengahbmerasa terpanggil untuk menggerakkan kembali organisasi Perbakin yang telah lama vakum.

"Melalui kejuaraan menembak ini atlet menembak dapat terfasilitasi serta termotivasi untuk meraih prestasi," harapnya.

Selain itu, Sandy juga mengingatkan, hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan ini bukanlah untuk mencari pemenang melainkan juga sebagai penyambung silaturahmi dan menambah keceriaan sehingga meningkatkan imun apalagi di masa pandemi.

“Utamakan keselamatan diri, junjung sportivitas dan jangan bermain-main dengan senjata api. Ikuti semua anjuran instruktur, guna keamanan dan kenyamanan dalam kejuaraan ini," tujar Sandy.

Dalam kejuaraan menembak terbatas yang berlangsung satu hari tersebut, memperlombakan adu ketangkasan menembak Pistol 25 Meter yang dibagi atas tiga kategori, masing-masing kelas eksekutif, umum dan kelas TNI/Polri.

Kejuaraan Menembak Kapolres Cup 2021 ini diikuti oleh puluhan petembak baik dari kalangan TNI/Polri, para pejabat maupun atlet menembak yang ada di seputaran Kota Takengon dan sekitarnya.