Dinas Kesehatan Tanah Laut Lakukan Vaksinasi Dosis Ketiga Nakes

Pelaihari - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Tala melaksanakan pencanangan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga untuk seluruh tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. Boejasin pada Jumat (13/8).

Bupati Tala M. Sukamta menjadi satu dari sekian nakes yang mendapatkan vaksin dosis ketiga jenis Moderna ini.

Ditemui usai mendapatkan vaksin, Bupati Tanah Laut M. Sukamta mengaku bersyukur dapat mengikuti vaksinasi tahap tiga dengan serangkaian vaksinasi berjalan lancar. Ia berharap vaksin jenis Moderna ini bisa menjadi penambah kekebalan para nakes di Tanah Laut.

“Kita utamakan tenaga kesehatan kita, karena mereka garda terdepan penanganan COVID-19. Ini kita khususkan untuk tenaga kesehatan,” kata bupati Tala.

Senada dengan bupati Tala, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Antonius Jaka menyampaikan bahwa vaksin jenis Moderna ini disiapkan untuk para nakes. Ia berharap dengan vaksinasi ketiga ini, tidak ada lagi nakes yang gugur karena COVID-19.

“Petugas kesehatan kita juga sudah banyak yang berguguran karena meninggal atau terkonfirmasi positifz maka agar tetap pelayanan terhadap penanganan COVID-19 bisa berjalan, diprioritaskan tenaga kesehatan itu di-booster dengan vaksinasi yang ketiga ini cukup satu kali dengan Vaksin Moderna,” kata Antonius Jaka.

Antonius Jaka menyampaikan bahwa pihaknya terus mengusahakan permintaan vaksin jenis Sinovac untuk masyarakat luas.

“Vaksinasi Sinovac untuk masyarakat luas distribusinya masih terbatas,” tambahnya.

Selain itu, dijelaskannya bahwa apabila seseorang yang menerima vaksin dalam dua dosis maka jenis dosis yang pertama dan kedua diharuskan sama.

“Vaksin pertama Sinovac, vaksin kedua menggunakan Moderna ini tidak bisa, nanti akan menimbulkan efek samping yang berat dan efikasi atau kegunaan dari vaksin tersebut tidak maksimal,” ujarnya.

Antonius Jaka juga menguraikan bahwa pemberian vaksin jenis Moderna kepada para nakes ini memiliki efek samping yang berbeda dari vaksin jenis Sinovac.

“Efikasi atau memberikan kekebalannya antara Sinovac dan Moderna memang ada perbedaan, kalau Sinovac itu 65% sedangkan Moderna itu sampai 94%. Namun, efek sampingnya dilaporkan juga agak beda, kalau Sinovac itu lebih ringan misalnya pun sakit kepala atau demam paling 3-6 jam tetapi kalau Moderna bisa sampai 24 jam atau 48 jam,” paparnya.

Dinkes Tala menerima 122 botol/ vial dengan persatu vial digunakan untuk 14-15 orang dari Dinkes Provinsi Kalsel. Nakes yang direncanakan menerima vaksinasi tahap tiga sebanyak 1.778 orang yang tersebar di seluruh fasilitas kesehatan Tala.