Ketum B2W Ingin Jalur KA Cepat Jakarta-Bandung Disisipi Jalur Sepeda

Jakarta - Ketua Umum komunitas Bike to Work (B2W) Indonesia periode 2021-2024 Fahmi Saimima meminta pemerintah mengimbangi percepatan pembangunan infrastruktur transportasi dengan ikut memperluas jalur sepeda.

"Contohnya, di proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Pemerintah bisa menyisakan ruang untuk jalur sepeda. Selain itu jalan tol kita juga bisa dialokasikan sedikit untuk jalur sepeda. Ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa," ujar Fahmi saat kunjungan silaturahmi ke kantor Antara Digital Media di Jakarta, Senin (16/8).

Fahmi mencontohkan, Pemerintah Korea Selatan membuat sebuah jalur sepeda di tengah jalan tol yang atapnya merupakan panel surya. Lain lagi dengan di Amerika Serikat. ia mengatakan, pemerintah AS sampai rela merobohkan 12 jalan tol untuk untuk kemudian menjadikannya sebagai jalan sosial.

“Hal ini patut dicontoh, karena paramater kota sehat, maju dan bahagia adalah banyak manusia berinteraksi sosial di jalan,” ujar Fahmi.

Berbeda dengan di Indonesia, khususnya di Jakarta. Dirinya menyadari upaya mempopulerkan dan membudayakan sepeda sebagai alat transportasi yang baik masih menemui jalan terjal. Hal ini menyusul sempat mengemukanya rencana pembongkaran jalur sepeda di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat.

Menyikapi hal itu, dirinya menargetkan mendapatkan legalitas hukum Bappenas, dari yang sudah dimiliki saat ini dari Kementerian PUPR (tentang panduan jalan) dan Kementerian Perhubungan (keselamatan dan keamanan bersepeda).

Selain dari legalitas, Fahmi juga ingin menanamkan persepsi ketika orang bersepeda keren karena berkontribusi untuk mengurangi polusi. Dirinya berharap hal itu dapat dicapai dengan menggandeng Antara Digital Media.

"Melalui jaringan layanan informasi publik milik Antara Digital Media yang tersebar luas di seluruh Indonesia, kami (B2W) ingin tren bersepeda ini semakin dicintai masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, CEO Antara Digital Media Darmadi mengaku pihaknya siap memfasilitasi B2W dalam mempopulerkan dan membudayakan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari melalui kanal-kanal layanan informasi publik yang tersebar di titik-titik strategis.

Selain itu, tambah Darmadi, pihaknya juga berencana bersinergi dengan B2W untuk menggelar event sepeda pada Oktober mendatang yang bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-4 Antara Digital Media.