Guru di Sumbawa Barat Aktif Pantau Siswa Belajar Secara Online


Sumbawa Barat - Tenaga pendidik atau guru di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tetap aktif memantau anak didiknya selama masa belajar dari rumah terkait pandemi COVID-19 yang terjadi di Tanah Air.

Hal itu dilakukan oleh guru-guru di Sekolah Dasar Negeri I Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (2/4), yang tetap aktif memantau siswanya belajar secara online lewat sebuah aplikasi yang dapat diakses dan diunduh melalui ponsel bersistem operasi Android.

Dalam aplikasi tersebut siswa dan guru dapat bertatap muka secara langsung dan belajar bersama. Guru-guru juga tetap bisa memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah.





"Di tengah pandemi COVID-19 ini kami tetap memantau siswa dan memberikan mereka tugas untuk dikerjakan setiap hari," kata Kepala Sekolah SDN I Taliwang Rahmatullah di Taliwang.





Dijelaskan Rahmatullah, ada dua kelompok kelas dan dua cara berbeda yang digunakan guru dalam belajar secara online ini, yakni untuk kelas 1 sampai kelas 3, guru memberikan tugas melalui aplikasi pesan instan WhatsApp.

Sementara itu, tambahnya, untuk kelas 4 sampai kelas 6, guru menggunakan aplikasi Zoom Cloud Class yang dapat diakses melalui Google Playstore.

"Walaupun belajar dari rumah, siswa bisa memperoleh tugas-tugas dari guru setiap harinya," jelasnya.

Bupati Sumbawa Barat sendiri memutuskan untuk meliburkan siswa sekolah baik negeri maupun swasta hingga 4 April 2020 untuk mencegah penyebaran COVID-19.





"Alhamdulillah sepekam ini setelah kami pantau tidak ada siswa kami yang main di luar," jelasnya.

Rahmatullah berharap para orang tua juga bersama-sama memantau dan menjaga anak-anak selama masa belajar dari rumah.