Bupati Jayapura: Jangan 'Kucing-kucingan' Soal Penyelesaian Proyek PON XX

Sentani - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menegaskan, tidak boleh ada 'kucing-kucingan' terkait proses pembangunan maupun penyelesaian fasilitas fisik venue Pekan Olahraga Nasionl (PON) XX Papua di klaster Kabupaten Jayapura.

Mathius menegaskan, semua proses pembangunan infrastruktur venue dan fasilitas pendukung lainnya di dalam venue dan penataan kawasan di luar adalah tanggung jawab Dinas PUPR dan Disorda Provinsi Papua, serta PB PON XX Papua, seluruhnya harus tegas dan mampu menjelaskan penyebab keterlambatan semua pekerjaan yang harus dikerjakan.

"Sebagai penyelenggara di klaster Kabupaten Jayapura, sudah kami koordinasikan langsung dengan panitia besar (PB) dan pansus dewan. Beberapa hari lalu DPR Papua juga elah memanggil dan mempertanyakan proses pekerjaan tersebut kepada dinas terkait," ujar Bupati Mathius yang juga Ketua Umum Sub PB PON Kabupaten Jayapura di Sentani, Senin (16/8).

Tugas kami (Sub PB PON XX ), jelas Mathius, hanya mempersiapkan fasilitas pendukung di luar dari pembangunan fisik dan Infrastruktur inti.

"Akomodasi, transportasi, konsumsi, serta penyiapan sumber daya manusia yang terlibat langsung di dalam penyelenggaraan PON adalah tugas kami. Dengan limit waktu yang sudah semakin dekat dengan pelaksanaan event nasional ini, tidak boleh bermain-main dengan waktu apalagi tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan," tegasnya.

Dikatakan Mathius, PON XX di Papua adalah agenda Nasional, dan anggarannya telah diberikan kepada penyelenggara sebagai tuan rumah pelaksanaan. PB PON XX harus lebih giat lagi untuk turun secara langsung ke Sub PB sebagai klaster penyelenggara guna memastikan semua pekerjaan fisik yang sedang dikerjakan, bagaimana prosesnya, apa kendala yang dihadapi, kenapa pekerjaannya tidak tuntas dikerjakan.

"Panitia besar bersama pansus dewan yang terbentuk seharusnya intens turun ke lapangan untuk memastikan semua bidang yang bekerja. Tidak ada waktu lagi, apalagi saling melempar tanggung jawab dan mencari kesalahan," jelasnya.

Bupati dua periode ini berharap agar PB PON XX, dalam waktu yang singkat menuju pelaksanaan pesta akbar ini agar selalu intens berkoordinasi dan berada di lapangan bersama bidang-bidang di Sub PB PON XX untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang belum diselesaikan.

"Pekan pertama September dipastikan kontingen dari luar Papua sudah ada di Sentani untuk mempersiapkan segala sesuatunya, " ucapnya.

Ditemui secara terpisah, Koordinator Sub Bidang Arena dan Venue pada Bidang I Sub PB PON Kabupaten Jayapura Aleks Rumbobiar mengatakan, dari hasil pemantauan pihaknya masih terdapat banyak kekurangan di sejumlah venue yang dengan limit waktu saat ini sudah harus diselesaikan.

Aleks juga mengatakan, data kekurangan sejumlah fasilitas pendukung baik yang ada didalam venue maupun diluar venue telah di inventarisasi dan dilaporkan langsung ke PB PON Papua.

"Venue panahan di Kampung Harapan saat ini belum ada lampu jalan dan air. Lapangan kriket putra rumputnya kering, hombase tim di pinggir lapangan belum ada tempat duduk bagi pelatih, dan pemain. Lapangan kriket putri belum ada lampu lapangan, belum ada lampu jalan menuju venue dan tidak ada drainase. Untuk lapangan menembak outdoor, pembangunan pagar sudah mencapai 80 persen, lapangan pencak silat belum ada rumah genset dan tower air, lapangan softball belum ada pagar keliling lapangan dan air bersih, sementara di Stadion Bas Youwe belum ada papan skor, dan lapangan rugby baru dikerjakan 20 persen, " pungkasnya.