Tokoh Adat Sentani Timur Siap Sukseskan PON XX Papua

Sentani - Tokoh Masyarakat Adat (Ondofolo) di sejumlah kampung di Distrik Sentani Timur si mensukseskan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2021 Papua khususnya di klaster Kabupaten Jayapura.

Komitmen tersebut dituangkan dalam satu pernyataan sikap sejumlah Ondofolo kepada pemerintah daerah yang diserahkan langsung oleh Ondofolo Heram Asei Yansen Ohee kepada Pemkab Jayapura yang diwakili oleh Asisten III Bidang Umum Sekretariat Daerah Timoteus Demetouw, di Pendopo Adat Heram Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Senin (16/8).

Usai pembacaan sikap, Ondofolo Heram Asei Yansen Ohee mengatakan, pihaknya telah siap dan bersepakat untuk mengawal, menjaga serta mendukung penuh pelaksanaan PON XX di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura.

Dikatakannya, segala bentuk ancaman dan gangguan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab, diserahkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah melalui pihak keamanan agar ditindak sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

"Dengan adanya pernyataan sikap yang kami serahkan kepada pihak pemerintah daerah, kami para ondofolo mendukung penuh PON XX di atas tanah kami," ujar Yansen.

Menurutnya, PON XX yang akan berlangsung di Kabupaten Jayapura, sangat berdampak bagi seluruh kehidupan masyarakat di Daerah ini. Tidak hanya mereka yang hidup di wilayah perkotaan saja, pemberdayaan masyarakat di setiap kampung juga turut merasakan dampaknya. Hal ini terlihat dari keseriusan Pemkab Jayapura dalam mempersiapkan segala sesuatu terhadap penyelenggaraan PON di sini.

"Saya mengajak masyarakat adat untuk mendukung penuh pelaksanaan PON XX. Ada tiga fasilitas olahraga yang megah telah terbangun, dan ini akan menjadi kebanggaan kami sebagai masyarakat di Sentani Timur. Kami juga berharap agar pemerintah aerah dapat memberdayakan masyarakat sekitar untuk terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan PON XX, baik sebagai relawan maupun panitia.

Di tempat yang sama, Asisten III Setda Timoteus Demetouw mengatakan, Pemerintah Kabupaten Jayapura mengapresiasi seluruh bentuk dukungan yang disampaikan para Ondofolo dari Kampung Asei, Ayapo, Nendali, dan Kheleblouw. Selanjutnya, pernyataan sikap ini akan diteruskan dan ditindak lanjuti kepada pimpinan daerah sebagai pengambil kebijakan, dan selaku Sekretaris Umum Sub PB PON Kabupaten Jayapura, hal ini juga akan dikoordinasikan dengan PB PON Papua.

"Dengan komitmen di dalam surat pernyataan yang disampaikan, maka pelaksanaan PON XX Papua di Kabupaten Jayapura diharapkan berjalan dengan aman dan lancar. Hal ini juga menjadi informasi penting bagi para duta-duta olahraga, ofisial dan peserta yang akan datang ke sini, " pungkasnya.