Bupati Garut Kukuhkan 50 Paskibraka 2021

Garut – Bupati Garut Rudy Gunawan, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut, menghadiri dan mengikuti secara khidmat acara pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Aula Bakorwil, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (16/8).

Dalam sambutannya, bupati Garut menyampaikan bahwa pelaksanaan pengukuhan ini diselenggarakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) sesuai dengan ketentuan dan persyaratan yang ada.

Ia menyebutkan bahwa pengukuhan menjadi seorang Paskibraka merupakan sebuah kehormatan tersendiri bagi generasi muda.

“Tentu ini adalah kehormatan tadi kita berikrar menjadi bagian dari generasi muda yang baik, paripurna terhadap komitmen ideologi, dan paripurna terhadap masa depan yang tentu akan dirintis dengan jalannya masing-masing,” ujar Bupati Garut.

Rudy berharap pelaksanaan pengibaran bendera pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke- 76 yang akan dilaksanakan besok (17/8), bisa berjalan dengan lancar.

“Selaku Bupati Garut kami mengucapkan selamat atas pengukuhan ini, dan jadikanlah ini sebagai momentum kita, karena kita tadi sudah mengucapkan janji, dan kita insya Allah besok akan berjalan dengan lancar, (dan) tentu ini adalah kehormatan bagi kalian semua, karena kalian akan menjadi penentu di upacara itu (dengan) mengibarkan bendera pusaka,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Garut Usep Basuki Eko menuturkan bahwa tahapan seleksi Calon Paskibraka di Kabupaten Garut ini dilaksankan di 5 wilayah yaitu di Kecamatan Wanaraja, Limbangan, Pakenjeng, Bayongbong, dan Samarang. Sementara, untuk Pengumuman Penentuan Terakhir (Pantohir) dilaksanakan di tingkat kabupaten dan terlaksana pada 27 – 28 Maret 2021 yang diikuti oleh 150 siswa siswi. Bahkan, untuk tahun ini sendiri salah seorang Paskibraka Garut lolos ke tingkat nasional.

“Adapun Pantohir dari lima wilayah itu dilaksanakan di tingkat kabupaten pada tanggal 27 dan 28 Maret tahun 2021 di GOR Ciateul yang iikuti oleh 150 siswa siswi, dari 150 siswa siswi terpilih untuk Calon Paskibraka Kabupaten sebanyak 50 orang, ditambah 1 orang yang masuk lolos tingkat nasional, dan 2 orang ke tingkat provinsi," tandasnya.