Pemkab Tanah Datar Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi RI

Batusangkar  - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, mengikuti upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia secara virtual di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8).

Upacara yang diselenggaran secara terbatas dengan protokol kesehatan di tengah pandemi COVID-19 itu berlangsung khidmat diikuti seluruh pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota se-Indonesia.

Di Kabupaten Tanah Datar, upacara diikuti Bupati Eka Putra, Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD Roni Mulyadi Dt. Bungsu, Forkopimda, Rektor IAIN Batusangkar Marjoni Imamora, dan undangan lainnya.

Mengusung tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, pada peringatan kali ini juga dibacakan teks proklamasi RI yang ditulis tangan oleh Proklamator sekaligus Presiden RI pertama Soekarno, dan dibacakan oleh cucunya sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani.

Sesuatu yang menarik dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Tanah Datar, Puan Maharani memakai pakaian adat Minangkabau yaitunya Tangkuluak Balenggek khas Lintau Tanah Datar

Bupati Eka Putra mengatakan bahwa penutup kepala yang dipakai ketua DPR RI Puan Maharani saat membacakan teks proklamasi itu adalah salah satu pakaian adat di Tanah Datar.

“Penutup kepala yang dipakai Mbak Puan Maharani adalah Tangkuluak Balenggek khas Lintau Kabupaten Tanah Datar. Mbak Puan ini berdarah Minangkabau, ayahnya berasal dari Nagari Sabu Kecamatan Batipuh, jadi itu bentuk ikatan emosional Beliau dengan Tanah Datar,” ujarnya.

Disampaikan Eka Putra, dengan dipakainya tangkuluak balenggek oleh Puan Maharani, ini juga membantu mempromosikan pakaian adat Ranah Minangkabau khususnya Tanah Datar, secara nasional bahkan internasional.