Podcast Istimewa Hadirkan Pejabat Pemkab Demak

Demak - Menyongsong HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Radio Suara Kota Wali (RSKW) 104.8 FM menggelar Podcast Istimewa dengan mengundang pejabat Pemerintahan Kabupaten Demak.

Adapun mereka yang hadir sebagai narasumber Bupati Demak Eisti'anah, Wakil Bupati Ali Makhsun, Ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet, serta dipandu oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Demak Singgih Setyono.

Kehadiran pejabat Pemkab Demak di acara podcast ini untuk berdialog langsung bersama masyarakat dengan mengangkat tema 'Kemerdekaan di Tengah Pandemi', Rabu (18/8).

Dalam perbincangan tersebut, Bupati Eisti'anah menyampaikan bahwa kondisi Kabupaten Demak saat ini menduduki level 2  dari empat kabupaten di Indonesia, dan satu-satunya daerah di Jawa Tengah yang berstatus level 2.

"Penurunan level ini berkat upaya keras Pemkab Demak serta dukungan warga masyarakat yang memperhatikan protokol kesehatan," ujarnya.

Sedangkan, Wakil Bupati Ali Makhsun menyampaikan, dalam upaya penurunan angka COVID-19 di Demak, pemda bersinergi lintas sektoral yang melibatkan lembaga kepolisian dan TNI serta melibatkan para ulama dan kyai.

"Kita libatkan para ulama dan para kyai untuk memberikan edukasi protokol kesehatan kepada warga. Sebab beliau para kyai tersebut merupakan panutan masyarakat kabupaten Demak, khususnya kaum Muslim," terangnya.

Sementara terkait dampak yang ada di masyarakat, Ketua DPRD Kabupaten Demak Fahrudin Bisri Slamet menyoroti pelaksanaan vaksinasi yang dirasa masih kurang tertata. Terutama pelaksanaan vaksinasi kepada usia anak sekolah yang mendapatkan prioritas utama. Hal ini dilakukan untuk menghadapi pelaksanaan belajar mengajar tatap muka di sekolah.

"Kemudian untuk mengurangi beban masyarakat, DPRD melakukan refokusing anggaran untuk penanganan pandemi COVID-19. Dengan total refocusing Rp10 milliar. Dan juga meminta kepada BUMD salah satunya PDAM dapat mengurangi biaya retribusi bagi pelanggan," ujar jelasnya.