Dinkes Kubu Raya Perkuat Vaksinasi COVID-19 di 20 Puskesmas

Kubu Raya - Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, terus memperkuat dan menggencarkan vaksinasi COVID-19 melalui 20 Puskesmas dan sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang tersebar di 118 desa.

"Khusus untuk vaksinasi melalui puskesmas kita sudah menjadwalkannya dan dikoordinir. Yang mana untuk hari ini ada beberapa titik pelaksanaan vaksinasi baik dosis pertama maupun kedua di antaranya di Puskesmas Sungai Kakap, Sungai Ambawang, Terentang, Kubu, dan Padang Tikar," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Abang Darmawansyah, Kamis (19/8).

Abang menuturkan, untuk vaksinasi COVID-19 secara massal di Kecamatan Sungai Kakap ini ditergetkan sebanyak 250 orang yang divaksin dosis pertama mengunakan vaksin Moderna. Yang mana pukul 11.00 WIB sudah ada 120 orang yang divaksin.

“Untuk sistem pendaftaran vaksinasi COVID-19 massal di Kecamatan Sungai Kakap ini dilaksanakan menggunakan dua sistem, diantaranya online dan manual. Jadi peserta vaksinasi hari ini sudah terdata dan terdaftar di aplikasi dan di puskesmas," ujarnya.

Abang menambahkan, pihaknya melalui puskesmas dan fasyankes juga menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 dosis kedua untuk melanjutkan vaksin dosis pertama dengan menggunakan vaksin Sinovac di Sungai Raya Dalam.

“Untuk pelaksanaan vaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua semuanya sudah terjadwal dan saat ini sedang dilaksanakan sesuai jadwal yang diserahkan masing-masing tim dari puskesmas yang disampaikan ke kami dan juga pihaknya sudah menyiapkan vaksin yang saat ini masih tersedia," ucapnya.

Abang menjelaskan, untuk ketersediaan vaksin di Dinas Kesehatan dalam satu minggu kedepan sudah mencukupi untuk sasaran 1.600 orang. Abang memastikan sampai akhir Agustus ketersediaan dua jenis vaksin (Sinovac dan Moderna) masih mencukupi untuk masyarakat.

“Makanya, untuk vaksinasi dosis pertama (Sinovac) kita khususkan untuk 10 puskesmas yang berada di wilayah pesisir Kubu Raya, sedangkan vaksin dosis pertama (Moderna) dikhususkan untuk 10 puskesmas yang berada di wilayah daratan Kubu Raya. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir risiko rantai dingin dari Moderna yang ada. Jadi kita prioritaskan dulu vaksin Moderna ini di puskesmas yang berada di daratan," pungkasnya.