Pramuka Tanah Laut Diharapkan Jadi Duta Perubahan Perilaku

Pelaihari - Virus corona atau COVID-19 yang masih mewabah tidak menyurutkan semangat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tanah Laut untuk memperingati Hari Pramuka dan sekaligus perayaan 60 Tahun Gerakan Pramuka dengan mengadakan upacara.

Bupati Tanah Laut (Tala) M. Sukamta yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Tala menjadi pembina upacara di halaman Kantor Bupati Tala pada Jumat (20/8).

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sukamta, mengajak seluruh Andalan, Majelis Pembimbing, Pelatih, Pembina dan Anggota Pramuka senantiasa disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi COVID-19.

"Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Kedisplinan dan Kepedulian Nasional" merupakan tema Peringatan Hari Pramuka ke-60, sedangkan slogan yang merupakan inti tema peringatan adalah "Pramuka Berbakti Tanpa Henti".

“Saya mengajak para Pramuka untuk menjadi Duta Perubahan Perilaku. Diharapkan pramuka dapat memberi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19,” ujarnya.

Selanjutnya, Sukamta menyampaikan bahwa Gerakan Pramuka memang bukan merupakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam Kode Kehormatan berupa Satya dan Darma Pramuka, Pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan. Meskipun dalam kondisi wabah COVID-19 para Pramuka diharapkan dapat melakukan dua gerakan yaitu Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama makhluk hidup.

“Justru tantangan yang ada harus kita sikapi dengan semangat seorang Pramuka untuk pantang berputus asa dan tetap rela menolong serta tabah,” harapnya.

Sukamta juga mengajak Anggota dan Pembina Pramuka agar terus berkegiatan kepramukaan, tentunya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia meminta tersalurkannya kreativitas anggota melalui kegiatan kepramukaan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira guna menumbuhkan semangat dan imunitas semakin meningkat.

“Mari kita peringati 60 Tahun Gerakan Pramuka ini dengan tetap bersemangat, tetap berusaha hidup sehat dengan mematuhi protokol kesehatan, dan tetap berusaha membantu mereka yang memerlukan pertolongan kita. Jangan pernah menyerah serta berputus asa. Melainkan kita tunjukkan bahwa pramuka dapat terus bergiat dan berbakti tanpa henti,” ungkapnya.

Memperingati Hari Pramuka Ke-60, Kwarcab Tala sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti kegiatan donor darah, kegiatan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Pelaihari dan Pelatihan Satgas Pramuka Peduli untuk para kader Pramuka.

Kwarcab Tala juga memberikan piagam penghargaan dan bingkisan atas dedikasi dan pengabdian untuk memajukan kepramukaan di Tala kepada para Tokoh Pramuka Tanah Laut.