Bupati Aceh Barat Tinjau Proyek Ring Road

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kurdi melakukan kunjungan lapangan ke sejumlah lokasi proyek kegiatan tahun 2021 dalam rangka penuntasan ruas ring road penghubung Kecamatan Panton reu, Pante Ceureumen, Kaway XVI, dan Meureubo pada Jumat (20/8) pagi.

Jalan lingkar tembus atau lebih dikenal ring road ini merupakan salah satu terobosan yang digagas oleh Bupati Aceh Barat Ramli MS sejak periode pertama menjabat guna menghubungkan 9 dari 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat.

Dalam kesempatan tersebut, Ramli MS mengatakan bahwa kunjungan lapangan tersebut bertujuan untuk meninjau serta mengevaluasi sejauh mana progres proyek kegiatan tahun 2021 yang telah dikerjakan. Pihaknya ingin memastikan pengerjaan proyek di seluruh Kabupaten Aceh Barat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dengan tuntasnya jalan lingkar ring road tersebut, Ramli MS berharap dapat membuka akses transportasi bagi desa-desa yang masih terisolir serta dapat menghubungkan antar desa yang ada di pelosok Aceh Barat.

Selain itu, ia mengatakan jalan ring road akan sangat bermanfaat bagi masyarakat di pelosok dalam hal melakukan aktivitas ekonomi seperti menjual hasil pertanian atau perkebunan ke kecamatan sampai ke Kota Meulaboh sehingga diharapkan kesejahteraan masyarakat desa pun bisa ikut meningkat.

"Pusat pembangunan harus dimulai dari desa, baru kemudian dilanjutkan ke kota. Apabila masyarakat desa sejahtera, maka akan berefek pada kemajuan suatu daerah," ujar Ramli MS.

Usai melakukan peninjauan tersebut, Ramli optimistis semua proyek pembangunan yang sedang dikerjakan tersebut dapat selesai sesuai target.

"Kami optimistis dengan dukungan semua pihak, ruas jalan ring road ini dapat selesai tepat waktu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Aceh Barat Kurdi menjelaskan bahwa lokasi pertama yang dikunjungi adalah proyek pembangunan Jembatan Rangka Baja Krueng Manggi dengan Pagu senilai Rp7 miliar. Saat ini, progres pengerjaannya sedang dilakukan erection bentang 1 (50 meter) dengan panjang total 2x50 meter

Selanjutnya, lokasi proyek peningkatan Jalan Meutulang-Kuala Manyeu-Ujong Raja sepanjang 3,2 km senilai Rp8,6 miliar dengan produk akhir pengaspalan. Pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini adalah pengerjaan Hampar B, kemudian dilanjutkan dengan Hampar A.

Sedangkan peninjauan terakhir dilakukan di lokasi proyek jembatan konvensional pada ruas Kuala Manyeu-Ujong Raja sepanjang 10 meter dengan Pagu senilai Rp1,9 miliar. Ia mengatakan, proyek tersebut sedang dalam pengerjaan abutment kedua, kemudian baru dilanjutkan dengan bangunan atas.