Cegah Karhutla, Tim Gabungan Kabupaten Banjar Intensifkan Patroli

Martapura - Babinsa dan Bhabinkamtibmas bersama Manggala Agni Kabupaten Banjar mengintesifkan patroli bersama ke areal kampung dan perkebunan sawah milik warga guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Untuk lokasi pemantau di antaranya Desa Penggalaman dan Sungai Rangas, Kecamatan Martapura Barat. Selain pemantauan karhutla juga pemantauan debit air irigasi untuk memudahkan pengambilan air karena desa ini juga rawan kebakaran.

“Kita selalu melakukan patroli untuk mencegah Karhutla dengan mengecek kelapangan dan juga sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat yang mengolah lahan untuk tidak melakukan pembakaran baik dalam skala kecil maupun apalagi besar,” ujar Sertu Miswan, Jumat (20/8).

Petugas dari Manggala Agni, Agus saat di lapangan mengungkapkan bahwa pihaknya akan selalu melakukan patroli agar sedemikian mungkin meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, ia  juga melakukan pendekatan kepada masyarakat di desa, serta agar terjalinnya silaturahmi dan kerjasama yang baik antara masyarakat.

Saat musim kemarau ini, jelasnya, sungai dan terutama Irigasi juga sarana yang menjadi andalan kita ketika terjadi ada titik api tak susah lagi mencari air.

"Kami berharap warga yang memiliki lahan perkebunan dan sawah dapat mewaspadai dan selalu menginformasikan kepada kami, boleh aparat desa dan juga MPA , jika ada yang membuka lahan dengan cara membakar," pungkasnya.