Cegah COVID-19, Diskominfo Kapuas Lakukan Koordinasi dengan Polres

Kuala Kapuas - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kapuas Junaidi menerima kunjungan dari Kasat Binmas Polres Kapuas AKP Asep Mohamad Sidik beserta jajarannya di Kantor Diskominfo, Kamis (2/4).

Kunjungan tersebut dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus melakukan pembahasan terkait langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan kedepannya guna mencegah serta mengatasi wabah virus corona (COVID-19) yang tengah terjadi di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Kapuas.

Kepala Diskominfo Kabupaten Kapuas Junaidi mengatakan, Tim Satgas COVID-19 setempat terus melakukan berbagai upaya dalam melakukan pencegahan guna mengatasi penyebaran virus corona.

"Pemkab Kapuas telah membentuk Tim Satgas COVID-19 guna mengatasi wabah virus corona. Untuk itu diharapkan kerja sama dari semua pihak agar terus menjaga dan juga mencegah masuknya virus ini di wilayah Kabupaten Kapuas," terang junaidi.

Junaidi juga mengajak seluruh jajaran terkait, baik dari pemerintah, TNI, Polri maupun organisasi masyarakat untuk bisa saling berkoordinasi dalam hal mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai wabah COVID-19 yang sedang terjadi saat ini dan cara mencegahnya.

Dirinya menambahkan, sesuai arahan Bupati Kapuas agar tim terpadu Satgas TNI dan Polri untuk bersama-sama bergerak melakukan berbagai hal untuk mencegah menularnya virus corona di wilayah setempat.

Untuk itu, dirinya meminta pihak Polres agar bisa bersama-sama dengan Diskominfo untuk melakukan edukasi pencegahan COVID-19 melalui siaran keliling ke seluruh pelosok Kota Kuala Kapuas dan di beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas.

Sementara itu, Kasat Binmas Polres Kapuas AKP Asep Mohamad Sidik menjelaskan terkait mulai meningkatnya arus mudik yang disebabkan semakin dekatnya bulan suci Ramadhan, yang mana hal tersebut dapat meningkatkan potensi penyebaran COVID-19.

"Saat ini arus mudik diperkirakan sudah mulai meningkat mendekati Ramadhan, dan juga faktor Kabupaten Kapuas yang diapit oleh dua wilayah yaitu Palangka Raya dan Banjarmasin, menyebabkan meningkatnya potensi penyebaran virus corona semakin tinggi,” kata Asep.

Untuk itu, dirinya mengajak semua jajaran terkait untuk meningkatkan penjagaan khususnya di wilayah perbatasan agar meminimalisir penyebaran virus corona di Kabupaten Kapuas.