Pemkot Kediri Salurkan Bantuan Pangan Nontunai Daerah

Kediri - Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menyalurkan bantuan pangan nontunai daerah (BPNTD) kepada warga penerima di sejumlah titik penyaluran di wilayah setempat, sebagai upaya membantu mereka di masa pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kota Kediri Wiwik Trisnowati, Sabtu (21/8), mengemukakan, BPNTD tersebut ditujukan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang sudah terdaftar namun belum menerima bantuan dari pemerintah pusat.

"BPNTD ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah untuk membantu para KPM yang sudah terdaftar tapi belum mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat. Harapannya supaya masyarakat bisa meningkatkan imunitas tubuh di masa pandemi COVID-19," kata Wiwik di Kediri.

Bantuan BPNTD tersebut dibagikan untuk tiga bulan, yaitu Juni sampai Agustus untuk sebanyak 2.434 KPM. Bantuan disalurkan ke sejumlah titik di wilayah Kota Kediri.

Wiwik juga menambahkan, bantuan juga bisa dilewatkan Bank BNI dan E-warong sebagai tempat penyaluran bantuan BPNTD dari Kota Kediri.

"Jadi kami salurkan ke Bank BNI yang sudah bekerjasama untuk menjadi tempat penyaluran bansos dan E-warong sebagai tempat penyaluran BPNTD ini. Meliputi tiga Kecamatan kita berikan sebanyak 2.434 KPM," kata dia.

BPNTD yang disaluran tersebut nilainya juga sama dengan yang diberikan oleh pemerintah pusat yakni Rp200.000. Bantuan diberupakan bahan pokok antara lain beras, telur, protein nabati dan hewani, vitamin dan mineral.

"Karena kami mengacu dari pemerintah pusat, untuk BPNTD yang diberikan nilainya sama sebesar Rp200.00. Agar semua masyarakat bisa sama merasakan dan menikmati bantuannya terlebih di masa pandemi COVID-19," kata dia.

Selain BPNTD yang diberikan, Dinas Sosial Kota Kediri juga menyalurkan bantuan beras PPKM BPNT non-PKH sebanyak 15.493 kepada warga penerima. Masing-masing bantuan beras yang diberikan seberat 10 kilogram disalurkan lewat E-warong di sejumlah tempat di Kota Kediri.

"Kami juga salurkan bantuan beras PPKM BPNT non-PKH dari pemerintah pusat sebanyak 15.493 KPM. Bantuan beras sebanyak 10 kilogram dibagikan kepada KPM di sejumlah tempat penyaluran. Untuk ke depannya, InsyaAllah tetap kami alokasikan untuk BPNTD, sehingga semua warga Kota Kediri dapat merasakan bantuan dari pemerintah secara menyeluruh," kata Wiwik Trisnowati.