Vaksin Dosis Ketiga Mulai Disuntikkan kepada Nakes Aceh Barat

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS melakukan Launching Vaksinasi COVID-19 Moderna Dosis Ketiga bagi tenaga kesehatan (nakes) di halaman kantor Dinas Kesehatan pada Selasa (24/8).

Launching ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Barat, para asisten, kepala Dinas Kesehatan, direktur RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh, rektor Universitas Teuku Umar, ketua IDI Aceh Barat, ketua PPMI Aceh Barat, serta para tenaga kesehatan.

Bupati Ramli MS menyampaikan bahwa vaksinasi dosis ketiga bagi para tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Aceh Barat telah dimulai. Menurutnya, nakes sebagai garda terdepan dalam penanganan COVID-19 harus mendapatkan prioritas serta dilindungi dengan vaksin guna memaksimalkan perlindungan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Ramli MS menjelaskan bahwa vaksin yang digunakan untuk dosis ketiga ini adalah vaksin moderna setelah sebelumnya pada dosis pertama dan kedua yang disuntikkan adalah vaksin Sinovac.

Melihat banyaknya nakes yang terpapar selama penanganan COVID-19, Ramli meminta penyuntikan vaksin untuk nakes ini harus segera dituntaskan demi melindungi diri mereka selama melaksanakan tugasnya.

Ramli mengatakan bahwa pengabdian dan pengorbanan tenaga kesehatan sangat luar biasa. Untuk itu, sebagai pemerintah pihaknya terus berupaya untuk memberikan perlindungan terbaik kepada nakes, salah satunya adalah dengan vaksinasi.

"Pemerintah bekerja dan memiliki tanggung jawab untuk menjamin kesehatan rakyatnya termasuk para tenaga kesehatan," ujarnya.

Ia juga mengajak semua pihak agar ikut serta mengkampanyekan tentang pentingnya vaksin untuk mencegah penyebaran COVID-19 kepada masyarakat secara persuasif dan edukatif.

"Jangan sampai vaksin ini terkesan menyeramkan sehingga masyarakat menjadi takut untuk divaksin," tegas Ramli.

Selain itu, Ramli juga meminta kepada para nakes agar dapat memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat terkait dengan penanganan COVID-19. Menurutnya, banyak sekali terjadi disinformasi tentang vaksin akibat dari berita-berita hoaks yang selama ini beredar di tengah masyarakat.

"Dengan adanya informasi yang jelas, diharapkan tingkat vaksinasi di Kabupaten Aceh Barat bisa terus meningkat sehingga dapat mencapai herd immunity (Kekebalan kelompok)," ujarnya.

"Semoga para tenaga kesehatan ini selalu di beri perlindungan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas mulianya yaitu menyehatkan seluruh masyarakat di Kabupaten Aceh Barat ini" harap Ramli MS.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Syarifah Junaidah menyampaikan bahwa launching perdana vaksinasi Moderna untuk dosis ketiga bagi tenaga kesehatan Aceh Barat diberikan kepada 13 puskesmas, 4 rumah sakit, 1 dokkes, serta para tenaga kesehatan yang ada di RS dan klinik swasta lainnya.

"Adapun jumlah nakes Aceh Barat yang akan menerima vaksin dosis ketiga berjumlah 2.020 orang terdiri dari tenaga medis, non medis serta tenaga kesehatan lainnya," ujar ummi.

Lebih lanjut, Ummi mengatakan, vaksin dosis ketiga yang di peruntukan untuk nakes ini adalah vaksin moderna setelah sebelumnya pada dosis pertama dan kedua disuntikkan vaksin Sinovac.

Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini vaksin Moderna yang tersedia di Aceh Barat sebanyak 560 dosis, sedangkan 1.868 dosis lainnya sedang dalam proses pengiriman dan diharapkan akan tiba pekan depan. Menurutnya, vaksin yang tersedia tersebut masih kurang mengingat jumlah tenaga kesehatan penerima vaksin lebih besar daripada jumlah vaksin yang tersedia.

"Semoga vaksin yang masih kurang ini dapat segera tiba agar vaksinasi bagi para nakes di Kabupaten Aceh Barat dapat segera dituntaskan," harap Ummi.