Dukung PON, Dinkes Kabupaten Jayapura Terus Gelar Vaksinasi Massal

Sentani - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, terus melakukan percepatan pemberian vaksin melalui vaksinasi massal. Kali ini, Pemkab Jayapura melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan vaksinasi massal di Stadion Barnabas Youwe (SBY), Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Kamis (26/8).

Percepatan vaksinasi diakukan untuk merealisasikan target 70 persen pemberian vaksin bagi warga Kabupaten Jayapura terutama yang berada di sekitar venue-venue PON XX Papua .

"Vaksinasi massal ini dalam mendukung dan juga mensukseskan penyelenggaraan PON XX di Klaster Kabupaten Jayapura. Untuk itu, kita berharap dengan percepatan pemberian vaksin ini terjadi herd immunity (kekebalan kelompok) di tengah masyarakat yakni, minimal mencapai target 70 persen sebelum PON dilaksanakan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura Khairul Lie melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Pungut Sunarto.

Vaksinasi, kata dia, diprioritaskan untuk terus dilakukan agar kekebalan kelompok atau herd immunity tenaga relawan SDM dan juga masyarakat Kabupaten Jayapura yang berada di sekitar venue-venue PON XX cepat terbentuk.

"Ini adalah percepatan pemberian vaksin di Stadion Barnabas Youwe, dan berlangsung selama tiga hari. Mudah-mudahan masyarakat maupun tenaga SDM yang terlibat dalam pelaksanaan PON juga bisa ikut melakukan vaksinasi massal tersebut. Selain itu, kegiatan vaksinasi massal ini juga dalam rangka mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat di sekitar lokasi penyelenggaraan PON XX 2021. Karena target kita sebelum di mulainya pelaksanaan PON, itu sudah harus mencapai 70 persen," katanya.

Sebanyak 70 persen sasaran vaksin yang ditargetkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, terang Pungut Sunarto, baru terlaksana atau tercapai di kisaran 40 persen lebih untuk vaksin tahap pertama dan vaksin tahap kedua baru tercapai sekitar 30 persen lebih.

"Jadi ini tantangan cukup berat bagi kami. Karena selain untuk masyarakat yang ada di sekitar lokasi PON, kami juga berpikir untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura, guna merealisasikan 70 persen kekebalan kelompok," jelasnya.

Ia berharap angka kesembuhan COVID-19 terus meningkat, angka kematian bisa ditekan dan perekonomian warga bisa segera pulih, serta pelaksanaan PON XX Papua di klaster Kabupaten Jayapura bisa sukses.

"Saya mengajak kepada masyarakat di sekitar lokasi PON dan juga rekan-rekan dari tenaga SDM PON, untuk juga ikut terlibat dalam maraton vaksinasi yang dilakukan Pemkab Jayapura," terang Pungut.