2.559 Bumil di Ngawi Jadi Sasaran Vaksinasi COVID-19

Ngawi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, Provinsi Jaw Timur, terus berupaya memerangi pandemi COVID-19, salah satunya melalui vaksinasi serentak untuk ibu hamil (bumil) di 19 kecamatan yang digelar 25 - 26 Agustus 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Yudono mengatakan bahwa vaksinasi ini akan dilakukan secara serentak di 24 puskemas dengan sasaran 2.559 ibu hamil. Selain itu, kegiatan ini sebagai bentuk dukungan segera mencapai kekebalan komunal atau herd immunity.

"Selain sebagai dukungan untuk mencapai herd immunity, kegiatan ini sebagai cara menekan angka kematian ibu hamil dan bayi yang terpapar virus COVID-19 di Ngawi,“ terang Yudono.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi Ana Mursyida Ony Anwar menyatakan, vaksinasi bagi bumil sangat penting, sebab mampu memperkecil risiko buruk ketika terpapar COVID-19.

"Jadi dengan sudah dilakukannya vaksinasi kepada ibu hamil ini, kita mengharapkan misalnya terpapar COVID-19, gejalanya tidak lebih berat serta risiko bayi lahir prematur bisa dihindari,” terangnya.

Lebih lanjut, Ana Mursyida memberikan apresiasinya untuk pelaksanaan vaksinasi bumil kali ini. Menurutnya hal ini salah satu upaya menurunkan angka kematian ibu hamil termasuk bagian dari tugas TP PKK.

"TP PKK total mendukung program ini, sehingga diharapkan bisa berjalan dengan lancar dan bisa mencakup ibu hamil di seluruh Ngawi," pungkasnya.