Nur Asia Uno Kunjungi Sentra Tenun Tigo Jangko Tanah Datar

Batusangkar -  Menteri Ekonomi Kreatif Nur Asia Sandiaga Uno mengunjungi Sentra Tenun di Tigo Jangko, Kecamatan Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (28/8).

“Saya merasa senang bisa datang ke Tanah Datar ini khususnya ke Sentra Tenun Tigo Jangko Lintau,” ujar Mpok Nur, sapaan akrabnya.

Drinya berpesan agar pengrajin tetap semangat belajar, karena selain bisa membantu ekonomi keluarga, juga turut berpartisipasi mempertahankan budaya lokal agar tidak punah.

“Tetap semangat ya, kita akan bantu nanti,” ujarnya.

Senada dengan itu, Ketua Dekranasda Lise Eka Putra juga mengapresiasi dedikasi Sativa atau dipanggil Atitje yang pulang kampung mendarmabhaktikan ilmunya sesuai dengan keahliannya di bidang tekstil.

Disampaikannya, Atitje yang merupakan doktor bidang tekstil diminta langsung Mufidah Jusuf Kalla yang juga pembina Yayasan Kriya Minangkabau menularkan ilmunya kepada peserta serta melahirkan kreasi-kreasi baru.

“Pemerintah daerah, Dekranasda tentunya punya kepentingan yang sama terhadap kemajuan sentra tenun ini untuk menjaga dan melestarikan khasanah budaya lokal serta memajukan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.