Bupati Kubu Raya Ajak Masyarakat Perketat Prokes di Lingkungan Keluarga

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengajak masyarakat untuk memperkuat penerapan Prokes di tiap rumah tangga agar lebih aman dan terhindar dari bahaya COVID-19.

"Sampai saat ini ancaman Covid-19 masih terjadi di sekitar kita. Berbagai upaya telah kita lakukan selama ini, namun yang paling efektif dalam penanggulangan ini adalah dengan memaksimalkan penerapan Prokes di lingkungan keluarga," kata Muda di Sungai Raya, Senin (30/8).

Bupati meminta setiap anggota keluarganya untuk semakin menerapkan protokol kesehatan ketat apabila hendak bepergian keluar rumah.

Bupati menyampaikan, jika ada satu diantara anggota keluarga yang terindikasi COVID-19, ada dua langkah awal yang bisa dilakukan. Pertama memberikan obat sesuai dengan gejala yang dirasakan, lalu kedua segera membawa pasien tersebut ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

"Penanganan yang terbaik kalau flu cukup makan obat yang ringan sedangkan kalau COVID-19 adalah pergi ke dokter. Saya minta anggota keluarga selalu mewaspadai penyebaran COVID-19 di lingkungan keluarga ini dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat, dengan menggunakan masker, menjaga pola hidup sehat, hingga menghindari kerumunan dengan menjaga jarak," tuturnya.

Muda juga mengimbau agar masyarakat semakin sadar untuk melakukan protokol kesehatan ketat ketika hendak bepergian keluar rumah agar kasus klaster keluarga ini tidak semakin menyebar.

"Saat ini, pemerintah sudah melakukan pengetatan prokes dan juga mempercepat pemberian vaksin, yang terpenting kesadaran masyarakat menjalankan Prokes, jangan sampai kendor. Dengan kepong bakol saya yakin, kita bisa bersama-sama menekan angka penyebaran Covid-19 ini," katanya.

Dia menambahkan, dengan gerakan Kepong Bakol bidang kesehatan dan vaksinasi COVID-19, pihaknya ingin menanjakkan (meningkatkan) kebahagiaan dan imunitas masyarakat agar bisa terus bersemangat menghadapi pandemi ini.

"Semoga pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Caranya adalah dengan menerapkan Prokes secara ketat," kata Muda.