Pemkab Kubu Raya Gelar Vaksinasi Warga dan Karyawan PT Alas Kusuma

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, melalui Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi COVID-19 bagi warga Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya dan karyawan PT Alas Kusuma, Kamis (2/9) pagi.

Bupati Muda Mahendrawan mengatakan, Pemkab Kubu Raya sejak dua pekan terakhir kembali melanjutkan sebaran vaksinasi di desa-desa dengan tujuan agar sebaran vaksinasi ini bisa menjangkau semua masyarakat.

“Alhamdulillah, sampai hari ini pelaksanaan vaksinasi di desa-desa Kubu Raya masih terus berlangsung dan antusias warga pun semakin meningkat dan bahkan membludak memadati tempat dilaksanakannya vaksinasi. Kondisi itu tidak terlepas semakin meningkatnya kesadaran warga Kubu Raya untuk mendapatkan kekebalan  tubuh mereka dari penyebaran COVID-19," kata Bupati Muda Mahendrawan didampingi Ketua TP PKK Rosalina Muda dan Kepala Dinas Kesehatan Marijan di sela meninjau vaksinasi COVID-19 di PT Alas Kusuma.

Bupati menuturkan, jika dulunya vaksinasi ini dipusatkan di kantor bupati, sehingga banyak warga yang belum terdata untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Namun dengan dilakukannya sebaran vaksinasi di desa-desa ini, tentunya masyarakat dengan mudah mengakses di desa mereka masing-masing, sehingga warga bisa tahu di desanya itu siapa yang sudah dan siapa yang belum divaksin.

“Saya minta warga harus bersabar, karena vaksinasi ini kita lakukan bertahap dan datangnya vaksin ini juga bertahap sehingga kita harus menunggu dulu ketersediaan vaksin ini baru kita bisa lakukannya lagi," ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Kuala Dua Abbas mengatakan, vaksinasi hari ini ditargetkan untuk 800 orang yang terdiri dari 400 untuk warga Desa Kuala Dua dan 400 untuk karyawan PT Alas Kusuma.

"Vakisinasi hari ini merupakan vaksinasi lanjutan yang telah kita lakukan pada tanggal 26 Agustus lalu. Bagi warga yang sudah mendaftar namun belum divaksin, maka warga tersebut kita lakukan vaksin hari ini," kata Abbas.

Abbas menuturkan, untuk target awal, pihaknya hanya melakukan vaksinasi untuk 500 orang namun karena adanya penambahan vaksinasi dari Dinkes Kubu Raya sebanyak 300 orang, maka jumlahnya menjadi 800 orang.

"Untuk proses pendaftarannya, kita lalukan dua sistem, manual dan online. Data warga yang mendaftar online termasuk karyawan PT Alas Kusuma sebanyak 350 orang dan 120 orang mendaftar dengan sistem manual," ujarnya.

Abbas menambahkan, untuk 300 orang lainnya kita peruntukan bagi warga dan karyawan PT Alas Kusuma yang mendaftar hari ini, sehingga jumlah keseluruhannya 800 orang.

"Tingginya antusias warga yang ingin divaksin hari ini, kedepan kita juga akan meminta penambahan kuota vaksin untuk warga kami yang belum divaksin", tutupnya.