Singkawang Targetkan Kota “Terinovatif”

Singkawang – Singkawang saat ini menempati peringkat 20 dari 93 kota se-Indonesia yang menyandang predikat “Inovatif” dengan skor indeks inovasi 47,01.

Melihat pencapaian inovasi yang dilakukan Perangkat Daerah kota Singkawang, Wali Kota Tjhai Chui Mie menargetkan agar Singkawang dapat menduduku posisi 10 besar. Ia pun mendorong agar perangkat daerah meningkatkan skor kematangan dengan pemenuhan data pendukung strategis yang berbobot tinggi pada setiap indikator yang tidak maksimal.

“Untuk progress pelaporan inovasi daerah, Kota Singkawang telah melaporkan inovasi daerah sebanyak 107 inovasi. Saya berharap setiap OPD tertib melaporkan inovasi yang berada di masing-masing instansi,” kata Tjhai Chui Mie saat memberikan arahan, Rabu (1/9).

Tjhai Chui Mie mengatakan kehadiran Innovative Government Award (IGA) berpotensi memacu semangat dan kinerja yang baik tiap perangkat daerah. Maka dari itu perlu didukung dengan data pendukung strategis, baik berupa notulen, foto, serta dokumentasi video.

“Saya pikir Innovative Government Award ini sangat baik dalam memacu semangat dan kinerja Perangkat Daerah kota Singkawang. Motivasi ini perlu didukung dengan adanya data pendukung strategis yang berbobot tinggi, seperti notulen, dokumentasi foto dan video. Selain itu, melalui IGA ini perangkat daerah diajak untuk berpikir kreatif dalam menghadirkan inovasi,” ujar Tjhai Chui Mie.

Ia menilai implementasi inovasi suatu perangkat daerah bisa tereksekusi dengan baik meski tidak memiliki anggaran. Tjhai Chui Mie mengatakan bahwa dirinya akan memberikan perhatian khusus dengan mengawal perangkat daerah kota Singkawang agar implementasi inovasi yang dilaporkan tercapai dengan baik.

“Pada masa pandemi COVID-19 ini banyak anggaran yang dipotong, maka perangkat daerah diajak untuk tergerak memikirkan inovasi untuk implementasi inovasi tersebut. Misal, menggelar kerja bakti dalam rangka menjalin hubungan dan komunikasi antara pihak Kecamatan dan masyarakat,” ujarnya.

Ia mengaku optimistis kota Singkawang akan menempati peringkat 10 besar dan mendapatkan predikat “Kota Terinovatif” pada IGA 2021 ini. Diperlukan keseriusan, kekompakan, dan komitmen seluruh perangkat daerah kota Singkawang untuk memperoleh predikat Kota Terinovatif. Ia pun berjanji akan memberikan penghargaan kepada Perangkat Daerah kota Singkawang yang bekerja keras mewujudkan perolehan predikat “Kota Terinovatif” pada IGA 2021.

“Pastinya, saya akan pantau dan kawal terus setiap perangkat daerah kota Singkawang yang membutuhkan perhatian khusus ini. Karena, saya optimis impian untuk mendapatkan predikat Kota Terinovatif ini bisa terwujud. Tentunya, saya akan terapkan reward dan punishment untuk mendorong perwujudan predikat ini.” pungkasnya.